Pendampingan Menanam Sayuran Menggunakan Media Hidroponik Pada Siswa SDN 7 Baru Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.68305Keywords:
hidroponikAbstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada siswa SDN 7 Baru agar dapat menanam sayuran secara hidroponik mulai dari menanam hingga panen. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau disebut P5 merupakan karakteristik Kurikulum Merdeka yang mengembangkan softskill dengan berbagai tema projek. Pada SDN 7 Baru, tema projek yang belum pernah diberikan adalah Rekayasa dan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat diberikan pada anak Sekolah Dasar adalah teknologi hidroponik. Perpaduan antara teknologi dan budidaya tanaman sangat cocok untuk diterapkan pada siswa SDN 7 Baru agar memahami proses dalam menanam sayuran dan mendukung hidup berkelanjutan. Kegiatan ini dibagi dalam tiga tahap yaitu observasi permasalahan di lapangan, analisis, dan pemecahan masalah. Pada tahap pertama diperoleh permasalahan bahwa tanah disekitar sekolah dan tempat tinggal siswa merupakan daerah berpasir dan rawan banjir sehingga sulit untuk bercocok tanam. Tahap kedua menganalisis permasalahan kemudian diperoleh solusi untuk memecahkan masalah yaitu memberikan bantuan alat hidroponik dan pendampingan menanam sayuran dari awal hingga panen. Setelah dilakukan pendampingan selama tiga bulan, diperoleh hasil bahwa siswa siswi SDN 7 Baru dapat melakukan kegiatan menanam sayuran secara hidroponik dari awal semai sampai dapat memanen sayuran.
Kata kunci: pendampingan, sayuran, hidroponik, SDN 7 Baru
References
Dispertan. (2022). Hidroponik Sistem DFT. https://dispertan.semarangkota.co.id. Diakses pada tanggal 10 Maret 2023 pukul 09.17 WIB
Ganesha. (2023). Ayo Pilih Sistem Hidroponik Sesuai Kebutuhanmu. https://tabloidsinartani.com. Diakses pada tanggal 11 Maret 2023 pukul 11.26 WIB
Kemendikbud. (2022). Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. https://ditpsd.kemdikbud.go.id. Diakses Pada tanggal 12 Maret 2023 pukul 14.30 WIB
Riski Satria dkk. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan standar Kurikulum, dan Assesment Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Repoblik Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.