WORKSHOP STEM-ECO PRINTING UNTUK MENGEMBANGKAN JIWA ENTERPRENEURSHIP SISWA SEKOLAH MENENGAH KEBANGSAAN TENGKU PANGLIMA PERANG TENGKU MUHAMMAD, PAHANG, MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpmmp.v8i1.68028Keywords:
Eco-printing, entrepreneurship, media sosial, STEMAbstract
Implementasi kurikulum berbasis STEM di Malaysia telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Lamanya pengalaman tidak membuat implementasinya menjadi lebih mudah. Tantangan dan perkembangan teknologi menjadikan implementasi pembelajaran berbasis STEM menjadi lebih menantang. Variasi pembelajaran agar dapat mencakup baik dari segi science, technology, engineering dan mathematics-nya adalah salah satu tantangan yang dihadapi. Eco-printing merupakan metode pewarnaan dengan memanfaatkan pewarna alami. Dalam implementasinya teknik ini memiliki seluruh aspek dalam pembelajaran STEM. Hasil yang diperoleh juga memiliki nilai jual yang tinggi. Dengan adanya perkembangan pemanfaatan media social, diharapkan siswa juga dapat mengambil keuntungan di dalamnya. Oleh sebab itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alternatif implementasi konsep STEM dalam pembelajaran di sekolah sekaligus menumbuhkan jiwa wira usaha sebagai muara pembelajaran berbasis STEM. Metode yang digunakan adalah workshop dengan pemberian materi dan praktik langsung. Kegiatan workshop STEM eco-printing dalam kerangka implementasi kurikulum berbasis STEM dan dikaitkan dengan pendidikan kewirausahaan telah memberikan alternatif implementasi kurikulum berbasis STEM yang mengasyikkan dan bernilai ekonomi dengan tetap pengedepankan basic science yang menjadi pondasi utamanya.
References
Abdullah, N., Baskaran, V.L., Mustafa, Z., Ali, S.R., Zaini, S.H. (2022). Augmented Reality: The Effect in Students' Achievement, Satisfaction and Interest in Science Education. The International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 21 (9).
Ali, G., Jaaffar, A. R., & Ali, J. (2021). STEM education in Malaysia: Fulfilling SMEs' expectation. In Modeling economic growth in contemporary Malaysia (pp. 43-57). Emerald Publishing Limited.
Bahrum, S., Wahid, N., Ibrahim. (2017). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7 (6).
Davis, J.P. Preservice teacher learning experiences of entrepreneurial thinking in a STEM investigation. Entrep Educ 2, 1–17 (2019). https://doi.org/10.1007/s41959-019-00009-0
Indrianingsih, A.W., & Darsih, C. (2013). Natural Dyes from Plants Extract and Its Applications in Indonesian Textile Small Medium Scale Enterprise. Eksergi, 11(1), 16-22.
Jamil, N.L., Mahmud, S.R.D. (2019). Self-Efficacy Relationship on Science Achievement amongst National Secondary School Students, Creative Education, 10(11).
Rahayu, M., Kuncari, E.M., Rustiami, H., & Susan, D. (2020). Utilization of plants as dyes and natural color binder in Traditional Pringgasela Woven Fabric, East Lombok, West Nusa Tenggara, Indonesia. Biodiversitas, 21(2), 636-641.
Saraswati, R., Susilowati, M.H., Restuti, R.C. & Pamungkas, F.D. (2019). Pemanfaatan Daun untuk Ecoprint dalam Menunjang Pariwisata. Departemen Geografi FMIPA UI: Depok.
Siew, Y.M., & Jamilah. (2022). The Development of Entrepreneurial Thinking in STEM Education: A Teaching and Learning Module for Elementary Students. Proceedings of the 17th European Conference on Innovation and Entrepreneurship
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to these following terms:
1. The copyright of accepted articles shall be assigned to Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA.
2. Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA with an acknowledgement of initial publication to this journal.
3. Users/public use of the articles published by this journal will be licensed to Creative Commons Attribution 4.0 International License.