PELATIHAN PEMBUATAN KOMPOS DAN BARANG KERAJINAN SEBAGAI UPAYA OPTIMASI PENGOLAHAN LIMBAH DAUN SISA ECOPRINT DI KELURAHAN BUGEL, KAPANEWON PANJATAN, KULONPROGO, DIY

Tien Aminatun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Kun Sri Budiasih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suhartini Suhartini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Bernadetta Octavia, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Anna Rakhmawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rizka Apriani Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Berdasarkan analisis situasi, diketahui bahwa kelompok pengrajin Ecoprint di Kalurahan Bugel, Kulonprogo memerlukan pengenalan teknologi sederhana  untuk mengatasi adanya limbah hasil industri yang dihasilkan selama proses pembuatan kerajinan ecoprint. Walaupun limbah yang dihasilkan merupakan limbah organik dan dapat terdegradasi secara alami, namun timbunan limbah yang tidak dikelola dengan baik dikhawatirkan dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar . Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan PkM ini adalah; (1) mengenalkan masyarakat pengrajin Ecoprint Kalurahan Bugel dengan teknologi sederhana pengolahan limbah yang dapat dilakukan pada tingkat rumah tangga atau usaha kecil menengah yaitu dengan pembuatan kompos dengan bahan dasar limbah daun hasil ecoprint; dan (2) mengadakan pelatihan pembuatan kerajinan dengan memanfaatkan limbah serta mengolahnya menjadi bentuk yang memiliki kegunaan atau bernilai jual.

Melihat permasalahan tersebut maka solusi yang ditawarkan melalui Program pengabdian ini adalah; (1) Pengolahan limbah daun menjadi kompos yang dapat dipergunakan warga sebagai pupuk organik alami.. dan (2) Pengelolaan limbah daun menjadi barang kerajinan bernilai jual. Limbah daun sisa hasil industri dapat digunakan sebagai material dalam pembuatan kerajinan lainnya. Dari pelatihan ini, peserta diharapkan dapat menghasilkan produk dari limbah ecoprint yang fungsional serta memiliki nilai jual.

Dari hasil analisis terhadap angket kepuasan yang diberikan kepada peserta, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini telah berhasil; (1) Mengenalkan masyarakat pengrajin Ecoprint Kalurahan Bugel dengan teknologi sederhana pengolahan limbah yang dapat dilakukan pada tingkat rumah tangga atau usaha kecil menengah yaitu dengan pembuatan kompos dengan bahan dasar limbah daun hasil ecoprint; dan (2) Melaksanakan pelatihan pembuatan kerajinan dengan memanfaatkan limbah daun sisa ecoprint menjadi ornament gerabah yang terkesan etnis dan tradisional, yang dapat dihakciptakan.


Keywords


Limbah daun ecoprint, kompos, barang kerajinan

Full Text:

PDF

References


Laruan, 2021, Membangun Bisnis Ramah Lingkungan dengan Ecoprint, https://www.kreditpintar.com/education/bisnis-ramah-lingkungan, akses tanggal 21 Februari 2022

Hikmah, R., & Sumarni, R. A. . (2021). Pemanfaatan Sampah Daun dan Bunga Basah menjadi Kerajinan Ecoprinting. Jurnal Abdidas, 2(1), 105-113. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i1.225C.

Taufiq, A., & Maulana, F. M. (2015). Sosialisasi Sampah Organik Dan Non Organik Serta Pelatihan Kreasi Sampah. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 4(1), 68–73. E.

Kadir, A. A., N.W. Azhari, S.N. Jamaludin, 2016, An Overview of Organic Waste in Composting, MATEC Web of Conferences 47, 05025, DOI: 10.1051/ /201 matecconf 201647 5 25




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i1.56764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo