Pengayaan Materi dan Pengembangan Kegiatan Praktikum Keanekaragaman Tumbuhan di SMA

Authors

  • Budiwati - Budiwati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Sudarsono Sudarsono Universitas Negeri Yogyakarta
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Negeri Yogyakarta
  • Annisa Latifa Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i2.56696

Keywords:

pengayaan, LKPD, praktikum, keanekaragaman tumbuhan

Abstract

Abstrak

Tujuan dari kegiatan PPM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru dalam mengenali keanekaragaman tumbuhan, meningkatkan pengetahuan guru dalam mengembangkan kegiatan praktikum keanekaragaman tumbuhan, serta meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun LKPD keanekaragaman tumbuhan. PPM ini menggunakan metode pretest, tutorial (tatap muka), workshop, dan postest. Kegiatan PPM ini diikuti oleh 14 orang guru Biologi dari MGMP Biologi SMA di Kabupaten Kulon Progo. Produk yang terkumpul sebanyak 14 hasil pretest dan postest yang menunjukkan pengetahuan guru mengenai keanekaragaman tumbuhan serta 9 bahan ajar LKPD yang menunjukkan kemampuan guru dalam menyusun LKPD. Hasil PPM menunjukkan bahwa 57,15% - 71,42% (N=14) peserta telah memahami materi yang diberikan dengan baik dan sebanyak 100% (N=9) peserta telah mampu menyusun bahan ajar LKPD dengan baik. Seluruh peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan PPM yang telah dilaksanakan.

 

Kata kunci: pengayaan, LKPD, praktikum, keanekaragaman tumbuhan

References

DAFTAR PUSTAKA

Biehler, R. F., & Snowman, J. (1986). Psychology Applied to Teaching. 5th ed. Houghton Mifflin Company, Boston.

Carin, A. A., & Sund, R. B. (1989). Teaching Science Through Discovery. 6th ed. Merrill Publishing Company, Columbus.

Indarti, I., & Purwantoyo, E. (2017). Keefektifan Project Based Learning dengan Observasi pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi. Journal of Biology Education, 6(2), 187-194.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Rahayu, S. E., & Handayani, S. (2008). Keanekaragaman Morfologi dan Anatomi Pandanus (Pandanaceae) di Jawa Barat. Vis Vitalis, 1(2), 29-44.

Sudarsono, Ratnawati & Budiwati. (2005). Taksonomi Tumbuhan Tinggi. UM Press, Malang.

Sunarmi, S. (2014). Melestarikan Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran di Luar Kelas dan Tugas yang Menantang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 38-49.

Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab, Indramayu.

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Budiwati, B. .-., Sudarsono, S., Ratnawati, R., & Latifa, A. (2023). Pengayaan Materi dan Pengembangan Kegiatan Praktikum Keanekaragaman Tumbuhan di SMA. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 7(2), 103–107. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i2.56696