Pengayaan Materi dan Pengembangan Kegiatan Praktikum Keanekaragaman Tumbuhan di SMA
Sudarsono Sudarsono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ratnawati Ratnawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Annisa Latifa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Abstrak
Tujuan dari kegiatan PPM ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman guru dalam mengenali keanekaragaman tumbuhan, meningkatkan pengetahuan guru dalam mengembangkan kegiatan praktikum keanekaragaman tumbuhan, serta meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun LKPD keanekaragaman tumbuhan. PPM ini menggunakan metode pretest, tutorial (tatap muka), workshop, dan postest. Kegiatan PPM ini diikuti oleh 14 orang guru Biologi dari MGMP Biologi SMA di Kabupaten Kulon Progo. Produk yang terkumpul sebanyak 14 hasil pretest dan postest yang menunjukkan pengetahuan guru mengenai keanekaragaman tumbuhan serta 9 bahan ajar LKPD yang menunjukkan kemampuan guru dalam menyusun LKPD. Hasil PPM menunjukkan bahwa 57,15% - 71,42% (N=14) peserta telah memahami materi yang diberikan dengan baik dan sebanyak 100% (N=9) peserta telah mampu menyusun bahan ajar LKPD dengan baik. Seluruh peserta memberikan respon positif terhadap kegiatan PPM yang telah dilaksanakan.
Kata kunci: pengayaan, LKPD, praktikum, keanekaragaman tumbuhan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Biehler, R. F., & Snowman, J. (1986). Psychology Applied to Teaching. 5th ed. Houghton Mifflin Company, Boston.
Carin, A. A., & Sund, R. B. (1989). Teaching Science Through Discovery. 6th ed. Merrill Publishing Company, Columbus.
Indarti, I., & Purwantoyo, E. (2017). Keefektifan Project Based Learning dengan Observasi pada Materi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi. Journal of Biology Education, 6(2), 187-194.
Kosasih, E. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara, Jakarta.
Rahayu, S. E., & Handayani, S. (2008). Keanekaragaman Morfologi dan Anatomi Pandanus (Pandanaceae) di Jawa Barat. Vis Vitalis, 1(2), 29-44.
Sudarsono, Ratnawati & Budiwati. (2005). Taksonomi Tumbuhan Tinggi. UM Press, Malang.
Sunarmi, S. (2014). Melestarikan Keanekaragaman Hayati Melalui Pembelajaran di Luar Kelas dan Tugas yang Menantang. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(1), 38-49.
Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran. Penerbit Adab, Indramayu.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v7i2.56696
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: