Pelatihan Teknis Penyusunan Media Pembelajaran Berbasis Video dengan Aplikasi Inshot pada Guru Biologi MGMP Biologi SMA di Kulon Progo
Yunita Fera Rahmawati,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Tatag Bagus Putra Prakarsa,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Tri Harjana,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Ciptono Ciptono,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia Suhandoyo Suhandoyo,
Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dosen Berkegiatan di Luar Kampus (DLK) ini ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran bagi guru MGMP Biologi SMA di Kulon Progo dalam memilih, merancang, melaksanakan media pembelajaran online untuk memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi (TIK) seiring perkembangan Revolusi Industri 4.0. Adanya media pembelajaran yang tepat dapat menjadikan pembelajaran di kelas lebih efektif dan efisien. Pelatihan dilaksanakan dalam bentuk workshop secara tatap muka yang diikuti oleh guru-guru MGMP Biologi SMA di Kulon Progo pada tanggal 28 Mei-18 Agustus 2022 di Laboratorium micro teaching Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY dan SMAN 1 Pengasih, Kulon Progo. Materi pelatihan meliputi gambaran umum story board, pengenalan aplikasi inshot, praktik membuat video sederhana dengan bimbingan langsung dari tim DLK. Berdasarkan analisis pretest dan posttest terdapat peningkatan pengetahuan peserta terkait pengetahuan menggunakan inshot, pengenalan menu dan bagaimana menggunakannya dalam membuat video pembelajaran. Pelatihan ini dinilai cocok dengan kebutuhan peserta. Hal tersebut diketahui melalui kuisioner yang dibagikan pada akhir pelatihan. Sebanyak 81% peserta berharap dapat mengetahui cara mengoperasikan aplikasi inshot dengan baik agar dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah utamanya pada mata pelajaran Biologi. Sedangkan 19% peserta menyatakan ingin mengenal aplikasi inshot untuk membuat alternatif atau variasi metode pembelajaran di kelas agar peserta didik tidak bosan di kelas. Melalui pelatihan ini, harapannya dapat mempermudah proses belajar mengajar dan menarik perhatian peserta didik pada setiap pembelajaran Biologi.