Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan dari Nanopartikel Perak bagi Guru Fisika SMA di Lingkungan MGMP Gunungkidul Yogyakarta

Ariswan Ariswan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rita Prasetyowati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Wipsar Sunu Brams Dwandaru, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Warsono Warsono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suparno Suparno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Fika Fauzi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk melatih para guru Fisika Sekolah Menengah Atas (SMA) perwakilan MGMP Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) untuk membuat sabun cuci tangan dengan bahan tambahan nanopartikel perak (AgNP). Pelatihan ini diharapkan dapat memperluas wawasan dan keterampilan para guru Fisika dalam menyintesis material nano, yaitu AgNP dan pemanfaatannya dalam pembuatan sabun cuci tangan. Wawasan dan keterampilan ini nantinya dapat diteruskan kepada peserta didik di sekolah masing-masing di kawasan kabupaten Gunungkidul. Tim PkM melaksanakan pelatihan yang meliputi dua kegiatan, yaitu: 1) kegiatan daring yang berisi pemaparan materi tentang teknologi pembuatan sabun cuci tangan dan 2) praktik membuat AgNP dan membuat sabun cuci tangan yang ditambah bahan AgNP untuk para guru Fisika SMA di lingkungan MGMP Gunungkidul. Hasil yang dicapai dari kegiatan PkM ini adalah peserta PkM dari MGMP Gunungkidul memperoleh pengetahuan tentang langkah-langkah konkret pembuatan AgNP dan pembuatan sabun cuci tangan dengan bahan tambahan AgNP.


Keywords


sabun cuci tangan, AgNP, guru Fisika SMA.

Full Text:

XML

References


Burton, M., Cobb, E., Donachie, P., Judah, G., Curtis, V., & Schmidt, W-P. (2011). The effect of handwashing with water or soap on bacterial contamination of hands. Int J Environ Res Public Health, 8(1), 97–104.

WHO. (2020). Coronavirus disease COVID-19 advice for the public. https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for- public. (diakses tanggal 14 April 2020).

Gammon, J., & Hunt, J. (2019). The neglected element of hand hygiene - significance of hand drying, efficiency of different methods and clinical implication: A review. Journal of Infection Prevention, 20(2), 66-74.

Idris, M. (2020). Selain masker, harga hand sanitizer di online shop juga naik tak wajar. Kompas 04-03-2020.

Sri, A. P., & Mega, R. Z. (2010). Review artikel: Kandungan senyawa kimia dan bioaktivitas dari jambu air (syzygium aqueum burn. f. alston). Bandung. Universitas Padjadjaran.

Eva, A. (2018). Identifikasi senyawa aktif dari ekstrak daun jambu air (Syzygium aqueum) dengan perbandingan beberapa pelarut pada metode maserasi. Surabaya. UIN Sunan Ampel Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i2.52643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo