Pendampingan KSM Bidang Sains Terintegrasi Agama Melalui Pendekatan Hybrid Di Masa Pandemi Covid-19

Ika Farida Yuliana, Universitas Billfath, Indonesia
Fatayah Fatayah, Universitas Billfath, Indonesia
Rendy Priyasmika, Universitas Billfath, Indonesia
Kriesna Kharisma Purwanto, Universitas Billfath, Indonesia
Rosyidah Syafaatur Rohmah, Universitas Billfath, Indonesia
Tsalitsatul Maulidah, Universitas Billfath, Indonesia

Abstract


Pandemi virus Corona yang melanda Indonesia sejak tahun 2020 memberikan dampak nyata khususnya pada bidang Pendidikan. Kondisi ini mengakibatkan adanya pembatasan kegiatan bimbingan tatap muka dalam pendampingan KSM. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan ketrampilan kepada siswa tentang penalaran jawaban dari soal dan pemahaman materi sains yang menyeluruh dikaitkan dengan agama serta nilai keislaman. Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah melalui pendampingan menggunakan pendekatan pembelajaran hybrid, yaitu pendampingan melalui tatap muka langsung dan secara daring menggunakan Grup Whatsapp. Kegiatan pendampingan ini dilakukan pada kelas V dan VI di MI Al-Khoiriyah 1 Delegan. Jumlah siswa sasaran adalah 4 orang siswa yang terpilih dan terbagi dalam kelompok IPA dan Matematika untuk mewakili dalam kegiatan KSM. Hasil dari pendampingan menunjukkan peningkatan penguasaan konsep materi dan ketrampilan menjawab siswa yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 82. Selain itu siswa juga dapat lebih memahami konsep sains yang diberikan dan integrasinya dengan agama. 

 

Kata kuncipendampingan; KSM; pendekatan hybrid; covid-19.


Keywords


pendampingan; KSM; pendekatan hybrid; covid-19.

Full Text:

PDF

References


Ade, R., Maria, P., & Veronica, F. (2021). Pembinaan Kompetisi Sains Madrasah Bidang Matematika Terintegrasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa. MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, 295–303.

Anggraeni, I. D., & Fauzi, A. M. (2021). Kebijakan belajar mengajar hybrid muhammadiyah 10 di masa pemberlakuan PPKM di Surabaya. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 13(2), 147–152.

Asyhar, A. H., Umar, A., Novitasari, D. C. R., Fauzi, A., Ulinnuha, N., Rolliawati, D., Wahyudi, N., Yusuf, A., Mustofa, A., & Ulya, Z. (2021). Graph degree linkage clustering for identify student’s performance on Kompetisi Sains Madrasah in Indonesia. In Smart Trends in Computing and Communications: Proceedings of SmartCom 2020 (pp. 211–220)

Asyhari, A., & Asyhari, A. (2017). Literasi sains berbasis nilai-nilai islam dan budaya Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 137–148.

Damara, I., Milyartini, R., & Yuliandani, Y. (2021). Strategi Pelatihan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran Dimasa Pandemi Covid-19. SWARA-Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3), 16–26.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Hatanti, U., Holisin, I., & Suprapti, E. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi WhatsApp dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Education and Teaching (JET), 3(1), 12–23. https://doi.org/10.51454/jet.v3i1.121

Huda, M., & Mutia, M. (2017). Mengenal matematika dalam perspektif islam. FOKUS Jurnal Kajian Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(2), 182.

Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 1–8.

Nasution, A. F. (2017). Implementasi konsep matematika dalam al-Qur’an pada kurikulum madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Permadi, B. A., & Adityawati, I. A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Islam & Kearifan Lokal Kelas Iv Min Seduri & Mis Nurul Amal Kabupaten Mojokerto. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 122–138.

Rienaldi, P. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran IPA Berbasis Nilai Keislaman untuk Peserta Didik Kelas V. UIN Raden Intan Lampung.

Sari, S. I. (2021). Implementasi Ekstrakurikuler di Masa Pandemi di SD Negeri 1 Pulau Beringin Muaradua Oku Selatan. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Umam, M. K. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Ke-Islaman Dalam Pembelajaran Makhluk Hidup Di Sma Mamba’Us Sholihin Terpadu Blitar. Samawat, 13–24.

Wati, J. U. M., Rikza, Q., & Rahmawati, A. D. (2021). Pengelolaan Kelas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi di Kelas VII G MTS Negeri 4 Ngawi. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics, 2(1), 19–31.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i1.48478

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo