Pelatihan Kompetisi Sains Nasional (KSN) Cabang Matematika Tingkat SMP/MTs melalui Pembelajaran Berbasis Puzzle (National Science Competition Training for Junior High School/MTs Mathematics Through Puzzle-Based Learning)

Ogi Danika Pranata, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

Abstract


Abstrak

Kompetisi Sains Nasional (KSN) merupakan wadah kompetitif untuk meningkatkan kompetensi pendidikan. Pelatihan sebagai persiapan untuk mengikuti KSN dilakukan oleh sekolah dan dinas pendidikan. Pelatih sekaligus penulis bekerja sama dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh untuk melaksanakan pelatihan KSN matematika. Bagi penulis, kerja sama ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat, khususnya kepada sekolah. Pelatihan dirancang melalui proses pembelajaran berbasis puzzle (puzzle-based learning) yang dilaksanakan dalam 10 pertemuan. Pertemuan pertama ditujukan untuk pengenalan KSN dan model pembelajaran yang akan diterapkan, yaitu pembelajaran berbasis puzzle. Model ini diterapkan pada 8 pertemuan selanjutnya. Puzzle-puzzle disesuaikan dengan materi pembelajaran. Pada pertemuan terakhir dilakukan tryout sebagai bentuk evaluasi dan uji coba sebelum mengikuti KSN matematika tingkat Kabupaten/Kota. Melalui pelatihan yang dilakukan, penulis menemukan bahwa peserta didik termotivasi untuk belajar ketika menggunakan puzzle. Mereka mamandang puzzle sebagai suatu tantangan yang harus diselesaikan. Motivasi tinggi ditunjukkan oleh peserta didik dengan mengerahkan semua kemampuan matematika yang mereka miliki untuk menyelesaikan puzzle. Kondisi pembelajaran seperti ini sangat tepat untuk mendukung kemampuan penyelesaian masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Temuan ini sesuai dengan apa yang diharapkan dalam kegiatan KSN sebagai wadah yang kompetitif untuk penguatan pendidikan di Indonesia.

Kata kunci: pembelajaran berbasis puzzle, matematika, kompetisi sains nasional

 

Abstract

The National Science Competition (KSN) is a competitive platform to improve educational competence. Training in preparation for KSN is conducted by schools and education offices. The trainer and also writer collaborated with Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Sungai Penuh to carry out KSN training in mathematics. For the authors, this collaboration was an activity for community service, especially to the schools. Training is designed through puzzle-based learning in 10 sessions. The first session was intended for the introduction of KSN and the learning model, namely puzzle-based learning. This model was applied to the next 8 sessions. The puzzles are adapted to the learning materials. Then the last session was conducted a tryout as a form of evaluation and trial before attending mathematics KSN in district level. Through the training, the authors found that learners were motivated to learn when using puzzles. They saw a puzzles as a challenge that must be solved. Learners showed high motivation by exerting all their mathematical abilities to solve puzzles. This kind of learning condition is very appropriate to support problem solving skills and high-level thinking skills. This finding was in accordance with what was expected in KSN activities as a competitive platform for strengthening education in Indonesia.

Key words: puzzle-based learning, math, national science competition

Keywords


pembelajaran berbasis puzzle, matematika, kompetisi sains nasional

Full Text:

PDF

References


Adair, John. 2007. The Art of Creative Thinking. How to be Innovative and Develop Great Ideas. London: Kogan Page.

Badger, M., Sangwin, C. J., Hawkes, T. O., Burn, R. P., Mason, J., & Pope, S. 2012. Teaching problem-solving in undergraduate mathematics. Coventry, UK: Coventry University.

Falkner, N., Sooriamurthi, R. and Michalewicz, Z. 2010. Puzzle-based learning for engineering and computer science. IEEE Computer 43 (4), 20–28.

Gardner, Martin & Richards, Dana. 2006. The Colossal Book of Short Puzzles and Problems. New York: W. W. Norton & Company.

Gendler, Alex. 2015. “Can you solve the bridge riddle?” dalam Channel Youtube TED-ed (https://www.youtube.com/watch?v=7yDmGnA8Hw0). Diakses tanggal 9 Juni 2021.

Pusat Prestasi Nasional. 2020a. Petunjuk Pelaksanaan KSN SD. Diambil dari http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/download/SD/buku%20juklak%20ksn.pdf. Diakses tanggal 9 Juni 2021.

Pusat Prestasi Nasional. 2020b. Petunjuk Pelaksanaan KSN SMP. Diambil dari http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/download/SMP/KSN%20-%20Petunjuk%20Pelaksanaan%20Tahun%202020.pdf . Diakses tanggal 9 Juni 2021.

Pusat Prestasi Nasional. 2020c. Pedoman Pelaksanaan KSN SMA. Diambil dari http://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/download/SMA/Pedoman%20KSN%202020_3%20Maret.pdf. Diakses tanggal 9 Juni 2021.

Taufik, Miskudin. 2020. Kemendikbud Ubah Olimpade Sains. Diambil dari https://itjen.kemdikbud.go.id/public/post/detail/kemendikbud-ubah-olimpiade-sains. Diakses tanggal 9 Juni 2021.

TED-Ed. Channel Youtube TED-Ed dalam Playlist TED-Ed Riddles : Season 1 (https://www.youtube.com/playlist?list=PLJicmE8fK0EhMjOWNNhlY4Lxg8tupXKhC), Season 2 (https://www.youtube.com/playlist?list=PLJicmE8fK0EimY5ZyoyJ39IClMnOqqVXN), Season 3 (https://www.youtube.com/playlist?list=PLJicmE8fK0EjrWRyVciHzMia96wOrK6-p), dan Season 4 (https://www.youtube.com/playlist?list=PLJicmE8fK0EgYajeKYtp8IsJoqSb7G--N).

Thomas, Collin., Badger, Matthew., Ventura-Medina Esther., & Sangwin Chris. 2013. Puzzle-based Learning of Mathematics in Engineering. Engineering Education, Vol 8 Issue 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i2.42276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo