Pelatihan Pembuatan Soal dan Penilaian Daring Bagi Guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara
Muhammad Syarwa Sangila, IAIN Kendari, Indonesia
La Boy, IAIN Kendari, Indonesia
Masdin Masdin, IAIN Kendari, Indonesia
Abdul Kadir, IAIN Kendari, Indonesia
Halistin Halistin, IAIN Kendari, Indonesia
Dina Nurhalizah, IAIN Kendari, Indonesia
Abstract
Sebagai seorang pendidik, guru berkewajiban untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran, yang kemudian berdampak pada peningkatan kemampuan peserta didiknya. Sehingga, guru dituntut untuk terus mengembangkan kompetensi yang dimilikinya, salah satunya yaitu kompetensi profesionalisme. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi guru SMP dan SMA di Desa Lembo Kabupaten Konawe Utara melalui pelatihan pembuatan soal dan penilaian secara daring (dalam jaringan). Di era digitalisasi saat ini pemanfaatan teknologi informasi (IT) diberbagai sektor/bidang menjadi begitu intens, tidak terkecuali dibidang Pendidikan. Lembaga Pendidikan dituntut untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran hingga proses penilaian dengan memanfaatkan teknologi informasi. Terutama dalam menghadapi kondisi pandemi, yang menuntut dilaksanakannya proses pembelajaran dan penilaian secara daring. Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini yaitu pelatihan, pendampingan, dan diskusi. Pelatihan dilaksanakan dengan memberikan informasi mengenai pembuatan soal dan penilaian secara daring. Materi yang disampaikan mencakup kebijakan pelaksanaan penilaian daring sebelum dan selama pandemi serta pembuatan soal dan penilaian daring menggunakan google form. Hasil yang dicapai dalam Kegiatan PKM ini, yaitu: 1) meningkatnya pengetahuan dan pemahaman guru tentang pemanfaatan google form sebagai media dalam melaksanakan penilaian secara daring; 2) meningkatnya motivasi guru dalam mengembangkan kompetensi pedadogiknya. Hasil PKM ini juga memperlihatkan tingkat kepuasan yang baik dari guru-guru peserta pelatihan, dengan persentase sangat puas sebesar 70% dan puas sebesar 30%.
Kata kunci: Pelatihan, Soal, Penilaian Daring, google form
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Didik, L. A. (2019). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran Listrik Magnet dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 3(2), 70-74.
. Hazraini. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan Soal Pilihan Ganda Yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 40 Cakranegara . Jurnal Pendidikan Mandala, 2(2), h. 111-121.
. Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah EDUKASI, 6(1), h. 193-202.
. Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK, 5(1), h. 31-47.
. Lestari, H. P., Hartono, Binatari, N., Emut, Saptaningtyas, F. Y., & Krisnawan, K. P. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru Matematika SMK Se-Gunungkidul Melalui Workshop Pemodelan Matematika . Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4(1), h. 66-70.
. Noor, M. (2019). Guru Profesional dan Berkualitas. Semarang: ALPRIN.
. Octavia, S. (2019). Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: CV Budi Utama.
. Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Google Form dalam Meningkatkan Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Pengawas Madrasah. Jurnal Pendidikan Madrasah, 4(2), h. 201-209.
. Suyanto, & Asep , J. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas di Era Global. Jakarta : Erlangga.
. Utami, S. Y., & Nurgiyantoro, B. (2016). Kualitas Soal dan Daya Serap Tes Pendalaman Materi UN Bahasa Indonesia SMP di Gunungkidul. diksi, 24(1), h. 52-62.
. Wawan, I. (2018). Profesional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Jawa Barat: CV Jejak
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v6i2.40960
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: