Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes dan Analisisnya Secara Modern Bagi Guru-Guru IPA SMP

Edi Istiyono, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Risky Setiawan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Harun Harun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini berupa pelatihan penyusunan instrumen tes bagi guru SMP mata pelajaran IPA terpilih yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru tentang: 1) penyusunan soal berbasis High Order Thinking Skills, 2) penyusunan rancangan penilaian untuk kurikulum 2013, 3) penyusunan instrumen soal, dan 4) penganalisisan butir soal secara modern (Item Response Theory). Kegiatan PPM ini dilaksanakan dengan metode pelatihan, dilanjutkan dengan penugasan, dan pendampingan di sekolah. Kegiatan yang dilakukan terdiri atas pelatihan penyusunan rancangan penilaian dan kisi-kisi soal berbasis HOTS, pelatihan penyusunan penilaian K-13, praktik penyusunan soal, dan pelatihan analisis butir soal dengan menggunakan software ITEMAN dan Bilog MG. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini adalah guru Sekolah Menegah Pertama (SMP) di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta yang berjumlah 30 orang.  Hasil dari kegiatan PPM ini yakni: 1) memberikan pemahaman kepada guru IPA tentang prinsip-prinsip penyusunan instrumen tes yang baik, 2) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru IPA dalam menyusun konstruk instrumen tes yang baik, 3) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru dalam melakukan analisis butir soal secara IRT, dan 4) memberikan pemahaman dan pengalaman kepada guru dalam menganalisis kemampuan peserta tes dengan pendekatan IRT.

 

Kata Kunci: pelatihan, pendampingan, penyusunan soal, guru SMP


Keywords


pelatihan, pendampingan, penyusunan soal, guru SMP

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W. (2003). Classroom assessment: Enhacing the quality of teacher decision making.

Hambleton, R. K., Swaminathan, H., & Rogers, H. J. (1991). Fundamental of item response theory. Newbury Park, CA: Sage Publication. New Inc.

Kurikulum, P. (2013). Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SMP/MTs. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Reynolds, C.R., Livingston, R.B., & Willson, V. (2010). Measurement and assessment in education. New Jersey: Pearson Education International.

Kemdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 66 Tahun 2013, tentang Standar Penilaian Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

   

 

 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 

 

View My Stats

 

Supervised by:

RJI Main logo