Geogebra: Media Visualisasi Grafis untuk Penyusunan Bahan Ajar
Eminugroho Ratna Sari, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dwi Lestari, Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Menurut beberapa studi dan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa SMP di Indonesia dilihat dari kemampuan kognitif maupun afektif masih tergolong rendah. Kemampuan siswa berusia 15 tahun dalam membaca, matematika, dan sains, hasil yang dicapai siswa Indonesia jauh dari memuaskan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa diperlukan langkah-langkah penyempurnaan secara mendasar dan konsisten serta sistematik dalam pembelajaran. Salah satu cara yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika adalah dengan memanfaatkan Geogebra untuk pembelajaran Matematika.
Dua wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Kabupaten Sleman dan Bantul masing-masing memiliki kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMP. Kedua MGMP memiliki permasalahan yang hampir sama atau beririsan yaitu sebagian besar guru belum terampil dalam menyusun bahan ajar matematika dengan bantuan Geogebra. Selain itu kedua MGMP juga belum mengintegrasikan teknologi komputer dalam pembelajaran Matematika. Dalam prakteknya, guru menemui kesulitan untuk memvisualisasikan konsep materi persamaan garis (berupa grafik), kesebangunan, serta bangun datar dan bangun ruang.
Pelatihan Geogebra sebagai solusi masalah tersebut, diberikan kepada guru matematika se MGMP Sleman dan Bantul. Pelatihan dilakukan sebanyak 3 pertemuan untuk masing-masing MGMP. Pada awal setiap pertemuan diberikan materi sementara peserta praktek, disetiap akhir pertemuan peserta diberi tugas untuk menyusun bahan ajar. Sebagai evaluasi pelaksanaan kegiatan diberikan angket evaluasi di akhir pertemuan. Berdasarkan angket, sebanyak 100% peserta sangat antusias mengikuti kegiatan workshop Geogebra ini. Di samping itu, sebesar 37.14% setuju dan 62.86% sangat setuju diadakan pelatihan Geogebra lanjutan. Sementara itu sebanyak 45.71% setuju dan 54.29 % sangat setuju materi workshop sesuai yang dibutuhkan dalam pembelajaran. Keberadaan asisten dirasa sangat membantu, hal ini tampak dari seluruh peserta menyatakan setuju atau sangat setuju. Dari hasil tugas peserta yang dikumpulkan tercatat nilai rata-rata lebih dari 85. Hal ini menunjukkan kemampuan guru menggunakan Geogebra dalam menyiapkan bahan ajar sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aydos, Mustafa. (2015). The Impact of Teaching Mathematics with Geogebra on The Conceptual Understanding of Limits and Contiunity The Case of Turkhis Gifted and Talented Students. Master Thesis. Bilkent University.
Hohenwarter, M., Hohenwarter, J., Kreis, Y.,& Lavicza, Z. (2008). Teaching and Learning Calculus with Free Dynamic Mathematics Software Geogebra. 11th International Congress on Mathematical Education. Mexico.
Kllogjeri, A. and Kllogjeri, P. (2015) Teaching with Geogebra versus Traditional Method. Open Access Library Journal, 2: e1255. http://dx.doi.org/10.4236/oalib.1101255
Kllogjeri P. (2010) Geogebra: A Global Platform for Teaching and Learning Math Together and Using the Synergy of Mathematicians. In: Lytras M.D. et al. (eds) Technology Enhanced Learning. Quality of Teaching and Educational Reform. TECH-EDUCATION 2010. Communications in Computer and Information Science, vol 73. Springer, Berlin, Heidelberg
Majerek, Dairusz. (2014). Application of Geogebra for Teaching Mathematics. Advances in Sciences Technology Research Journal, 8(24), 51 – 54.
Shadaan, Praveen and Leong Kwan Eu. (2013). Effectiveness of Using Geogebra on Students’ Understanding in Learning Circles. The Malaysian Online Journal of Educational Technology. 1 (issue 4).
DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v5i1.28782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:
Supervised by: