PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TERNAK DOMBA DENGAN PENERAPAN MINERAL KOMPLIT SECARA TERPROGRAM DI KEPUTREN, PLERET, BANTUL

Heru Nurcahyo, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
ciptono ciptono, , Indonesia
Tri Harjana, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia
Himmatul Hasanah, Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA UNY, Indonesia

Abstract


Fakta di lapangan menujukkan bahwa sampai saat ini masih banyak dijumpai ternak domba yang mengidap gangguan kesehatan yang disebabkan karena kekurangan mineral dalam ransum makanannya. Kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) ini bertujuan untuk mencegah timbulnya gangguan kesehatan akibat kekurangan mineral dalam makanan pada domba yang dipelihara oleh para peternak domba di kelompok peternak domba ”NDREBOLO” di dusun Keputren, Pleret, Pleret, Bantul.

Kegiatan PPM ini menggunakan 2 metode yaitu penyuluhan dan demonstrasi. (1) Kegiatan penyuluhan lebih menekankan tentang manajemen pemeliharaan ternak domba secara intensif dengan metode ceramah, dan (2) Kegiatan demonstrasi dan simulasi yang meliputi praktek manajemen pemeliharaan ternak domba secara intensif dalam rangka peningkatan produktivitas ternak, membedakan domba sehat dan domba yang menderita kekurangan mineral, mempersiapkan program pemberian mineral komplit, melakukan pemberian mineral komplit. Kegiatan ini dilaksanakan di Kelompok peternak domba di kelompok peternak domba ”NDREBOLO” dusun Keputren, Desa Pleret, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Penilaian keberhasilan program dilakukan dalam konteks menilai kemampuan peserta dalam memahami dan mempraktekan manajemen pemeliharaan ternak domba secara intensif dalam rangka peningkatan produktivitas ternak, membedakan domba sehat dan domba yang menderita kekurangan mineral dalam diet, mempersiapkan program pemberian mineral. Metode evaluasi yang digunakan adalah: (1) Monitoring kompetensi peserta yakni kemampuan peserta memahami manajemen pemeliharaan ternak domba secara intensif dalam rangka peningkatan produktivitas ternak, dan (2) Authentic assessment.

 

Katakunci: domba, mineral, manajemen peternakan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12965

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Accepted and published papers will be freely accessed in this website and the following abstracting & indexing databases:

 


 
Creative Commons License
Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pedidikan MIPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 Flag Counter
 
 

View JPMMP Stats


Supervised by:

RJI Main logo