NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PROYEK PADA SISWA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BALIKPAPAN

Ade Putri Sarwendah, Yogyakarta State University, Indonesia
Hermanto Hermanto, Yogyakarta State University

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis proyek siswa tunarugu kelas 1 SDLB di SLB Negeri Balikpapan; (2) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang berkembang dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis proyek siswa kelas 1 SDLB Tunarungu di SLB Negeri Balikpapan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari guru kelas, siswa tunarungu dan orangtua siswa. Pengunpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis dengan model interaktif yang mengikuti format dari Miles & Huberman, meliputi: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan model pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan beserta kemampuan siswa juga daya dukung lingkungan sekolah.  Dalam pembelajaran tematik berbasis projek yang dilaksanakan untuk siswa kelas 1 SDLB Tunarungu berdasarkan hasil observasi terlihat pengembangan nilai-karakter yang muncul dalam diri siswa meliputi nilai karakter religius, gotong royong, tanggung jawab, bernalar kritis, disiplin kreatif, mandiri, jujur dan kerjasama dan mulai berkembang dalam setiap aktifitas pembelajaran di sekolah. Nilai-nilai karakter yang diajarkan disekolah membawa pengaruh positif ketika siswa berada dirumah sehingga orangtua pun memberikan tanggapan positif dalam pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis proyek ini.


Keywords


Pembelajaran tematik berbasis proyek, Analisis nilai karakter, Siswa tunarungu

Full Text:

PDF

References


Aliyah,Hosyatul.2017.Pengembangan model pembelajaran tematik berbasis proyek untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Dasar: Volume 8 Edisi 2 Desember 2017

Assagaf,Lubna & Sinyanyuri,Sonya. 2017. Buku guru tema 7 benda,hewan dan tanaman disekitarku. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Bire,Arylien Ludji,dkk. 2014. Pengaruh gaya belajar visual,auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Volume 44 No (2) 2014

Khulani,Fatma,dkk.2020. Fase dan tugas perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar: Volume VII Nomor 1 Januari 2020

Maharani, Hevi Rizqi. 2014. Nilai-nilai karakter dalam pembelajajaran project based learning materi statistika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula Volume 2 Nomor 2

Mashari,Ali & Qomario. 2019. Implementasi pembelajaran berbasis proyek kelas iv di sd negeri 2 kampung baru bandar lampung. School Education Journal: Vol 9 No 4 Desember 2019

Mufidah,Luluk,dll. 2017. Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis proyek di kelas III sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan: Vol 2 No 1 (2017)

Ramdan,dkk. 2019. Peran guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Volume 9 (2) 100-111 Desember 2019. Doi: 10.25273/pe.v9i2.4501

Rofisian,Nela. 2018. Konsep pendidikan karakter pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar: Volume 1,19-25 Juli 2018

Santrock, John. W., (2004). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.

Saputri & Safitri. 2017. Perkembangan anak usia sekolah di sekolah dasar negeri dan sekolah dasar islam terpadu. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia: Vol 7 No 2 Juni 2017

Siswoyo, Dwi,dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Solikhatun,Yanuar Umi. 2013. Penyesuaian sosial penyandang tunarungu di SLB Semarang. Educational Psychology Journal:Epj 2 (1) 2013

Suarni,dkk. 2014. Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus 1 Kecamatan Kuta. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar: Volume 4 Tahun 2014

Sumiana & Susiloningsih,Wahyu.2020. Pendidikan karakter sekolah dasar di era new normal. Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar: Vol 04 No (2) 2020

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar Sekolah Dasar: 3(2), 183-190.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah. Nomor: 10/D/KR/2017. Tentang: Struktur Kurikulum, Kompetensi Inti-Kompetensi Dasar dan Pedoman Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus




DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i1.47299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Karakter




Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Karakter by Institute of Research and Community Service (LPPM - UNY) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka.

 

Jurnal Pendidikan Karakter Support by:

 

 

Jurnal Pendidikan Karakter indexed by:

          

 
  View My Stats

Flag Counter