Tantangan dan Kebutuhan Guru SDLB dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lampung

Ossy Firstanti Wardany, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Yulvia Sani, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Heni Herlina, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Septi Setyaningsih, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia

Abstract


Transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka bagi PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) diasumsikan menimbulkan tantangan baru bagi guru dalam mengimplementasikannya. Penelitian bertujuan menggali tantangan dan merumuskan kebutuhan guru Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) dalam implementasi Kurikulum Merdeka bagi PDBK di jenjang SD. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden penelitian adalah 44 guru SLB tingkat Sekolah Dasar di Provinsi Lampung yang menerapkan Kurikulum Merdeka yang dipilih secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman yang baik, pandangan positif dan kesiapan yang cukup mengenai Kurikulum Merdeka yang didukung dari pengalaman belajar melalui berbagai kegiatan dari pemerintah, sekolah, dan pihak lain. Dari 44 guru tersebut,  55% guru merasa kekurangan waktu dalam merancang evaluasi yang sesuai dengan keragaman jenis dan fase peserta didik, 59% guru merasa pilihan keterampilan vokasional  yang ada di sekolah masih terbatas, 48% masih kesulitan dalam membuat instrumen asesmen awal, dan 45% mengalami masalah dalam melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman. Tantangan ini selaras dengan kebutuhan yang diinginkan guru, di mana 3 kebutuhan teratas yakni 84% mengharapkan pelatihan mengenai metode dan media pembelajaran yang berdiferensiasi, 77% membuat asesmen dan rencana pembelajaran, 77% pelatihan program kebutuhan khusus.

Keywords


tantangan guru; kebutuhan guru; guru; kurikulum Merdeka; SDLB; SLB

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 2829–2723.

Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.

Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.

Dewi, L., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39.

Djaali, D. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.

Ferrer, V. S. (2022). Kurikulum Merdeka Diterapkan di 45 Sekolah di Lampung. https://lampung.tribunnews.com/2022/09/25/kurikulum-merdeka-diterapkan-di-45-sekolah-di-lampung

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Haslina, Yusrizal, & Usman, N. (2017). Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(4), 211–217.

Hurit, A. A., & Harmawati, Di. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 116–123.

Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru terhadap Implementasi Kurikulum. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37–46.

Iskandar, S., Rosmana, P. S., Putri, A. R., Sudirja, D. R., Sari, K., & Citra, W. R. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. 7, 4250–4255.

Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127.

Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800

Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Kemdikbud RI.

Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a merdeka curriculum. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229

Maulida, N., Auliya, D., Ghasya, V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. 06(01), 6414–6420.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.

Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 2022.

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Inovasi. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.

Nurzen, M. (2022). Teacher Readiness in Implementing the Merdeka Curriculum in Kerinci Regency. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 313–325.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. 7, 1313–1322.

Priantini, D. A. M., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2022). Merdeka Curriculum: Characteristics and Potential in Education Recovery after the COVID-19 Pandemic. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 260–271.

Rouf, A., & Lufita, R. (2013). Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(2), 904–926.

Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Indigo Media (ed.)).

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala GuruDalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 5545–5549.

Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A. S., Julia Lingga, L., Wijaya, H., Curriculum Halaman, M., Wijoyo, H., & Guru Penggerak Provinsi Riau, B. (2023). Assessment in the Merdeka Curriculum: How Are the Teachers’ Perspectives on It? Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Bagaimana Perspektif Guru Dalam Pelaksanaannya? Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202–209.

Siregar, L. F., Sumanik, N. B., & Christianto, H. (2022). Analysis of Teacher’s Ability in Setting Learning Objectives, Flow of Learning Objectives, And Modules in The Merdeka Curriculum. SHS Web of Conferences, 149, 01005. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901005

Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.

Sumanti, V., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(2), 49–52.

Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796

Supriatna, D. (2023). Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in Elementary Schools: How is Teachers’ Perception? International Journal Of Education, 02(02), 30–40.

Wardany, O. F., & Herlina, H. (2023). Kendala Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8140–8155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3821

Wardany, O. F., & Sani, Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 48–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793

Widiastuti, R., Sulistiani, P., & Kurniawan, V. R. B. (2017). Analisis Beban Kerja Mental Guru Untuk Perbaikan Sistem Pembelajaran Sekolah Luar Biasa (SLB) Kategori B (Studi Kasus: SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta). IEJST (Industrial Engineering Journal of The University If Sarjanawiyata Tamansiswa), 1(1), 17–26.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i2.65206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter