Tantangan dan Kebutuhan Guru SDLB dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lampung
Yulvia Sani, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Heni Herlina, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Septi Setyaningsih, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Faizah, S. N., Putri, A., & Pandiangan, B. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial (JIPSI), 1(3), 2829–2723.
Anwar, R. N. (2021). Persepsi Guru Paud Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219.
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13 (1)(1), 95–101.
Ardianingsih, F., Mahmudah, S., & Rianto, E. (2017). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Khusus pada SLB di Sidoarjo. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(1), 21. https://doi.org/10.26740/jp.v2n1.p21-30
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera, 17(1), 40–50.
Dewi, L., & Astuti, N. P. E. (2022). Hambatan Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 3 Apuan. Jurnal Pendidikan Dasar Rare Pustaka, 4(2), 31–39.
Djaali, D. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bumi Aksara.
Ferrer, V. S. (2022). Kurikulum Merdeka Diterapkan di 45 Sekolah di Lampung. https://lampung.tribunnews.com/2022/09/25/kurikulum-merdeka-diterapkan-di-45-sekolah-di-lampung
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Haslina, Yusrizal, & Usman, N. (2017). Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Sma Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 5(4), 211–217.
Hurit, A. A., & Harmawati, Di. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 1(2), 116–123.
Ihsan, M. (2022). Kesiapan Guru terhadap Implementasi Kurikulum. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1), 37–46.
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Putri, A. R., Sudirja, D. R., Sari, K., & Citra, W. R. (2023). Faktor Penghambat dan Pendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa. 7, 4250–4255.
Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka: Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Kemdikbud RI. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka. Kemdikbud RI.
Lestari, N. A. P. (2023). Analysis of 2013 curriculum problems so it is changed into a merdeka curriculum. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 8(2), 263–274. https://doi.org/10.29407/jpdn.v8i2.19229
Maulida, N., Auliya, D., Ghasya, V., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Negeri 74 Pontianak Barat. 06(01), 6414–6420.
Morissan. (2017). Metode Penelitian Survei. Kencana.
Muzdalifa, E. (2022). Learning Loss Sebagai Dampak Pembelajaran Online Saat Kembali Tatap Muka Pasca Pandemi Covid 19. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1), 2022.
Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Inovasi. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.
Nurcahyono, N. A., & Putra, J. D. (2022). Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(3), 377–384.
Nurzen, M. (2022). Teacher Readiness in Implementing the Merdeka Curriculum in Kerinci Regency. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(3), 313–325.
Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. 7, 1313–1322.
Priantini, D. A. M., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243–250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rizaldi, D. R., & Fatimah, Z. (2022). Merdeka Curriculum: Characteristics and Potential in Education Recovery after the COVID-19 Pandemic. International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 260–271.
Rouf, A., & Lufita, R. (2013). Peranan Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Sumbula, 3(2), 904–926.
Santoso, I., & Madiistriyatno, H. (2021). Metodelogi Penelitian Kuantitatif (Indigo Media (ed.)).
Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala GuruDalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 5545–5549.
Shadri, R., Hermita, N., Deswarni, D., Purnamasari, A. S., Julia Lingga, L., Wijaya, H., Curriculum Halaman, M., Wijoyo, H., & Guru Penggerak Provinsi Riau, B. (2023). Assessment in the Merdeka Curriculum: How Are the Teachers’ Perspectives on It? Penilaian Dalam Kurikulum Merdeka: Bagaimana Perspektif Guru Dalam Pelaksanaannya? Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 7(1), 202–209.
Siregar, L. F., Sumanik, N. B., & Christianto, H. (2022). Analysis of Teacher’s Ability in Setting Learning Objectives, Flow of Learning Objectives, And Modules in The Merdeka Curriculum. SHS Web of Conferences, 149, 01005. https://doi.org/10.1051/shsconf/202214901005
Sudaryo, Y., Sofiati, N. A., Medidjati, A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Penerbit Andi.
Sumanti, V., Firman, F., & Ahmad, R. (2022). Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah. Keguruan: Jurnal Penelitian, Pemikiran Dan Pengabdian, 10(2), 49–52.
Sunarni, S., & Karyono, H. (2023). Persepsi Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 1613–1620. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.796
Supriatna, D. (2023). Implementation of Merdeka Belajar Curriculum in Elementary Schools: How is Teachers’ Perception? International Journal Of Education, 02(02), 30–40.
Wardany, O. F., & Herlina, H. (2023). Kendala Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi pada Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 8140–8155. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3821
Wardany, O. F., & Sani, Y. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 48–64. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793
Widiastuti, R., Sulistiani, P., & Kurniawan, V. R. B. (2017). Analisis Beban Kerja Mental Guru Untuk Perbaikan Sistem Pembelajaran Sekolah Luar Biasa (SLB) Kategori B (Studi Kasus: SLB-B Karnnamanohara Yogyakarta). IEJST (Industrial Engineering Journal of The University If Sarjanawiyata Tamansiswa), 1(1), 17–26.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i2.65206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.