Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Papan Alphabet 8s pada Anak Autis di SLB Negeri Sambas

Oriza Azzura, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukinah Sukinah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui media papan alphabet 8s pada anak autis di SLB Negeri Sambas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model desain dari Kemmis & Mc Taggart. Siklus yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kali. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak autis kelas II di SLB Negeri Sambas yang mengalami kesulitan dalam menulis permulaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan menulis permulaan dan pengamatan. Selama pelaksanaan, anak diminta untuk melakukan kegiatan dengan menggunakan media papan alphabet 8s dengan membentuk angka 8 tidur. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji validitas data logis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penggunaan media papan alphabet 8s pada kemampuan menulis anak autis meningkat. Peningkatan yang dicapai dapat dilihat pada tahap pra tindakan dengan nilai 38,46 (rendah), kemudian meningkat pada siklus I menjadi 48,07 (cukup), dan pada siklus II meningkat menjadi 67,03 (baik). Peningkatan tersebut diperoleh dari hasil tes kemampuan menulis permulaan dalam menyalin 26 bentuk huruf. Selain itu, hasil pengamatan partisipasi subjek mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai yang diperoleh sebesar 59,375 (cukup) meningkat menjadi 77,08 (baik) pada siklus II. Hal ini diamati dari situasi kegiatan belajar, keaktifan anak, dan kemampuan anak dalam pelajaran.


Keywords


kemampuan menulis permulaan; papan alphabet 8s; anak autis

Full Text:

PDF

References


American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder. Washington DC: American Psychiatric Association Publisher.

Aminah, S. (2011). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Kelas B di TK Aisyiyah pantirejo Sragen Tahun Pelajaran 2010/2011. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Suatu Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi 2010). Jakarta: Rineka Cipta.

Assjari, M & Sopariah. (2011). Penerapan Latihan Sensori Motor untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Anak Autistic Spectrum Disorder. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(2), 225.

Astuti, D., Abrori, A. & Widyastutik, O. (2018). Hubungan Strategi Koping dengan Stress Ibu dengan Anak Autis di Autis Center Kota Pontianak. JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan, 5(2), 1-11.

Bariyyah, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Autis dengan Multisensory Alphabet Bergambar. INKLUSI: Jurnal of Disability Studies, 5(1), 242.

Dennison, P.E. & Dennison G.E. (2008). Buku Panduan Lengkap Brain Gym (Senam Otak). Jakarta:Grasindo.

Handojo, Y. (2002). Petunjuk Praktis dan pedoman Materi untuk Mengajar Anak Normal, Autis, dan Perilaku Lain. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Hardiani, W. (2017). Penerapan Metode Alphabet 8s dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf pada Anak Autis Kelas Persiapan di SLB Negeri Parepare. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Haryanto. (2009). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan dengan Media Gambar. Tesis. IKIP PGRI Semarang.

Mumpuniarti. (2007). Pendekatan Pembelajaran bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Nisak, B. R. (2016). Penerapan Finger Painting dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Anak Autis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pamuji. (2007). Model Terapi Terpadu bagi Anak Autis. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Purwanto, N.M. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saputri, N.I. (2018). Penerapan Latihan Sensorimotor untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf pada Anak Autis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sersan, G.G. (2018). Metode VAKT Bermedia Marbel terhadap kemampuan Menulis Permulaan Anak Autis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Smith, D.D. & Tyler, N.C. (2010). Introduction to Special Education. United State of America: Pearson.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukinah. (2022). The Effectiveness of Blended Learning Model towards Learning Outcomes of Students' Multiplication Operations with Autism, Journal of ICSAR Volume 6 Number: 2; DOI: http://dx.do i.org/10.17977/um005v6i22022p216

Tejaningrum, D. (2014). Pengembangan Alat Permainan My Custome untuk Menstimulasi Kecerdasan Visual-Spasial pada Anak Usia Dini Autis. Jurnal INKLUSI, 1(2), 137.

Wicaksono, A. (2016). Peran Media Audio dalam Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran Apresiasi Cerita Pendek. Surakarta: LP2M IAIN Surakarta.

Wisesa, P. M. (2021). Kesadaran Parenting Ibu Anak Autis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v19i1.60223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter