Kebutuhan guru dan orang tua dalam layanan pendidikan bagi anak dengan hambatan majemuk di masa pandemi covid-19

Zykra Zakiah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hermanto Hermanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu akan kebutuhan guru dan orang tua dalam layanan pendidikan untuk anak dengan hambatan majemuk di masa covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan Google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 2 kebutuhan yang mendasar yang diperlukan oleh guru dan orang tua anak dengan hambatan majemuk dalam layanan pendidikan yang di lakukan pada masa covid-19, diantarinya dibutuhkannya (1) Home Visit, guru mendatangi rumah anak dengan hambatan majemuk, tentunya layanan ini juga harus di buat aturan dan disepakati oleh kedua belah pihak, antara guru serta orang tua dan (2) Perlu dilakukannya adaptif kurikulum untuk mengatur strategi dan perencanaan pembelajaran baik secara daring ataupun luring.


Keywords


Kebutuhan guru dan orang tua, layanan pendidikan, hambatan majemuk

Full Text:

PDF

References


Arifin A, 2003, Memahami Paradigma Baru Pendidikan Nasional dalam Undang-Undang Sisdiknas, Jakarta: Ditjend Kelembagaan Agama Islam Depag

Al-Samarrai, S., Gangwar, M., & Gala, P. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Education Financing. The Impact of the COVID-19 Pandemic on Education Financing, May, 1–12. https://doi.org/10.1596/33739

Ardiansyah, & Arda. (2020). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Menumbuhkan Sikap Ilmiah. Musawa, 12(1), 140–164

Budiyanto, dkk, Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif(Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional, 2010)

Djamarah, S.B., 2000, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Surabaya: Usaha Nasional.

Dyah. S.,Pengkajian Pendidikan Inklusif bagi Anak Berkebutuhan Khusus pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah(Jakarta: Depdiknas, 2008)

Fahrina, A., Amelia, K., & Zahara, C. rita. (2020). Minda Guru Indonesia: Peran Guru Dan Keberlangsungan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. syiah Kuala University Press.

Handoko & Waskito. (2018). Blended Learning : Konsep dan Penerapannya : Lembaga Pengembangan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Jalal, M. (2020). Kesiapan Guru Menghadapi Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Covid-19. SMART KIDS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 35–40.

Khadijah, & Gusman, M. (2020). Pola kerja sama guru dan orangtua mengelola bermain aud selama

masa pandemi covid-19. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 154–171.

Mirnawati. (2019). Anak Berkebutuhan Khusus “Hambatan Majemuk”. Deepublish Publisher : Sleman, Yogyakarta

Mudjono. Dimyati. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Muhaimin,Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islamdi Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi(Jakarta: PT. Grafindo Persada, 2010),

Oktaria, R., & Putra, P. (2020). Child Education in the Family As an Early Childhood. Jurnal Ilmiah PESONA PAUD, 7(1), 41–51.

Sukardi D. K., 2000, Pengantar dan Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rieneka Cipta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana.

Tohirin, 2007, Bimbi ngan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integral), Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 2 Th. 2003(Jakarta: Sinar Grafika)

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: Pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-

nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020 Winkel, Hastuti, 2006, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Yogyakarta: Media Abadi. Yuliani. (2020). Pembelajaran Daring untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan - Google Buku. Yayasan

Kita Menulis




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v18i1.48627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter