Kesiapan guru dalam penyelenggaran kelas inklusi di MI NW Lendang Penyonggok, Lombok

Ossy Firstanti Wardany, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Dwi Arnia Ulfa, SLB Nurul Bayan, Indonesia

Abstract


Kesiapan guru adalah poin kunci dalam keberhasilan pendidikan inklusi. Mengetahui kesiapan guru sebelum inklusi diimplementasikan merupakan hal penting. Penelitian bertujuan mengetahui kesiapan guru dalam implementasi pendidikan inklusi di Madrasah Ibtidaiyah NW Lendang Penyonggok, Lombok. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif berjenis survei. Subjek penelitian adalah 8 orang guru di sekolah tersebut. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Google Form. Kuesioner terdiri atas 5 aspek, terdiri dari 2 pertanyaan tertutup, dan 39 pernyataan dengan skala likert. Hasil penelitian menemukan bahwa sebagian besar guru memiliki latar kependidikan, pernah mempelajari ABK dan inklusi secara umum, tetapi belum memiliki keterampilan dan pengalaman dalam menangani ABK. Kedua, guru memiliki sikap yang positif terhadap penyelenggaraan inklusi, mengaku siap melaksanakan inklusi, tetapi khawatir dengan kompetensi yang dimiliki serta pelaksanaan pembelajaran ABK di kelas inklusi. Terakhir, guru telah mampu memproyeksikan permasalahan dan merumuskan kebutuhan mereka dalam pelaksanaan inklusi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa guru siap dalam melaksanakan pendidikan inklusi. Namun, pelatihan sangat diperlukan agar guru dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran ABK di kelas inklusi.


Keywords


kesiapan guru; guru; sekolah inklusi; anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Al Khakim, A., Prakosha, D., & Himawanto, D.A. (2017). Aksesibilitas Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Lingkup Pendidikan Sekolah Inklusi Di Karisidenan Surakarta. IJDS : Indonesian Journal of Disability Studies, 4, 16–18. https://doi.org/10.21776/ub.IJDS.2017.004.01.3

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 94–100. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1754

Bouillet, D. (2013). Some Aspects of Collaboration in Inclusive Education – Teachers’ Experiences. Center for Educational Policy Studies Journal, 3(2), 93–117. https://doi.org/10.26529/cepsj.241

Daturrohmah, I., Bahri, S., & Fajriani. (2020). Penerimaan Sosial Warga Sekolah Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Smpn Inklusi Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(September), 7–12.

Djuani, N., & Nurmawanti, I. (2020). Kesiapan MI NW Tanak Beak Narmada dalam Menyelenggarakan Pendidikan Inklusi. Seminar Nasional Pendidikan Inklusif PGSD UNRAM 2020, 29–33.

Dulisanti, R. (2015). Penerimaan Sosial Dalam Proses Pendidikan Inklusif (Studi Kasus Pada Proses Pendidikan Inklusif Di Smk Negeri 2 Malang). Indonesian Journal of Disability Studies (IJDS), 2(1), 52–60.

Emam, M. M., & Mohamed, A. H. H. (2011). Preschool and primary school teachers’ attitudes towards inclusive education in Egypt: The role of experience and self-efficacy. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 976–985. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.331

Firli, I., Widyastono, H., & Sunardi. (2020). Analisis kesiapan guru terhadap program inklusi. Journal Biology, Education, Science & Technology, 3(1), 127–132.

Hartadi, D. R., Dewantoro, D. A., & Junaidi, A. R. (2019). Kesiapan Sekolah dalam Melaksanakan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Jurnal Ortopedagogia, 5(2), 90–95.

Jauhari, M. ., Sambira, & Idhartono, A. R. (2022). Pengoptimalan Aksesibilitas Fisik Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Disekolah Inklusi. Kanigara, II(1), 264–269.

Kurniawati, F., Minnaert, A., Mangunsong, F., & Ahmed, W. (2012). Empirical Study on Primary School Teachers’ Attitudes Towards Inclusive Education in Jakarta, Indonesia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 69, 1430–1436. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.082

Mudjito, A. ., Harizal, E., & Elfindri, E. (2012). Pendidikan Inklusif. Baduose Media Jakarta.

Muhidin, A. (2020). Skripsi Sarjana Kependidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Mardika Jaya. https://books.google.co.id/books?id=LLEPEAAAQBAJ

Mumpuniarti, M., & Lestari, P. H. K. (2019). Kesiapan guru sekolah reguler untuk implentasi pendidikan inklusif. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(2), 57–61. https://doi.org/10.21831/jpk.v14i2.25167

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. . (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/10.24036/jess/vol3-iss2/176

Musyafira, I. ., & Hendriani, W. (2021). Sikap Guru Dalam Mendukung Keberhasilan Pendidikan Inklusi Ilena. Jurnal Kependidikan, 7(1), 75–85.

Parey, B. (2019). Understanding teachers’ attitudes towards the inclusion of children with disabilities in inclusive schools using mixed methods: The case of Trinidad. Teaching and Teacher Education, 83, 199–211. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.007

Peraturan Gubernur NTB No. 2 tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif

Permendiknas No. 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa

Pershina, Natalia, Shamardina, Marina, & Luzhbina, Natalia. (2018). Readiness of teachers for inclusive education of children with disabilities. SHS Web Conf., 55, 2005. https://doi.org/10.1051/shsconf/20185502005

Puspitasari, D. A. & M. M. H. (2014). Hubungan Tingkat Self-Efficacy Guru dengan TingkatBurnout pada Guru Sekolah Inklusif di Surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan, 3(1), 59–68.

Putri, D. A., Sukarti, S., & Rachmawati, M. A. (2016). Pelatih Kebersyukuran Untuk Meningkatkan Kualitas Hidup Guru Sekolah Inklusi. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 8(1), 21–40. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol8.iss1.art2

Rabi, N. M., Ghazali, N. H. C. M., Rohaizad, , Nor Aizal Akmal, & Zulkefli, M. Y. (2018). Readiness of Pre-Service Teacher to teach Student with Special Needs through Inclusive Education Course. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 7(4), 200–210. https://doi.org/10.6007/ijarped/v7-i4/4847

Rusmono, D. O. (2020). Optimalisasi Pendidikan Inklusi di Sekolah: Literature Review. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 209–217. https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/2859/1621

Salend, S. J. (2015). Creating Inclusive Classrooms: Effective, Differentiated, and Reflective Practices. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=9Rz6sgEACAAJ

Sholihah, W. M. (2020). Metode Dan Model Pembentukan Kesiapan Guru Dalam Praktik Pendidikan Inklusi. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 153–194. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.796

Song, J., Sharma, U., & Choi, H. (2019). Impact of teacher education on pre-service regular school teachers’ attitudes, intentions, concerns and self-efficacy about inclusive education in South Korea. Teaching and Teacher Education, 86. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102901

Ujianti, P. R. (2021). Kesiapan Psikologis Guru Tk di Bali Menerima Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas. Mimbar Ilmu, 26(1), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.28664

UU No. 8 Tahun 2016 Tentang Disabilitas

Wardah, E. Y. (2019). Peranan Guru Pembimbing Khusus Lulusan Non-Pendidikan Luar Biasa (Plb) Terhadap Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Kabupaten Lumajang. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 2(2), 93. https://doi.org/10.26740/inklusi.v2n2.p93-108

Wardany, O. F. (2020). How Do Regular Students in Inclusive Primary Schools Interpret the Term of “Students with Special Needs”? IJDS Indonesian Journal of Disability Studies, 7, 249–254. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2020.007.02.13

Wardany, O. F., Wagimin, W., & Hidayatullah, M. F. (2018). Activities for Fostering Disability Awareness and Friendship in Inclusive School. IJDS:Indonesian Journal of Disability Studies, 5(1), 106–114. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2018.005.01.12

Yada, A., & Savolainen, H. (2017). Japanese in-service teachers_ attitudes toward inclusive education and self-efficacy for inclusive practices. Teaching and Teacher Education, 64, 222–229.

Yada, A., Tolvanen, A., & Savolainen, H. (2018). Teachers’ attitudes and self-efficacy on implementing inclusive education in Japan and Finland: A comparative study using multi-group structural equation modelling. Teaching and Teacher Education, 75, 343–355. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.07.011




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v18i2.48322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter