Metode Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Mengolah Kue Nusantara Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu)

Authors

  • Rina Asmaul Universitas PGRI Adi Buana
  • Yunus Karyanto Universitas PGRI Adi Buana
  • Ana Rafikayati Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.36634

Keywords:

Metode Explicit Instruction, Mahasiswa Tunarungu

Abstract

Mendiskripsikan peranan metode explicit instruction terhadap keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (tunarungu) merupakan tujuan penelitian ini. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu dari jurnal, buku dan artikel terkait tentang metode explicit instruction terhadap keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khususu (tunarungu). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis isi dengan pengkajian dilakukan pengecekan ulang antar pustaka. Hasil penelitian ini adalah metode explicit instruction berperan penting dalam keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khususu (tunarungu) yakni dengan menerapkan sesuai langkah-langkah pada metode explicit instruction yang diajarkan selangkah demi selangkah oleh Dosen agar mahasiswa tunarungu memahami dalam setiap langkah pada keterampilan mengolah kue nusantara yang diajarkan.

Author Biographies

Rina Asmaul, Universitas PGRI Adi Buana

Prodi Vokasi dan Kesejahteraan Keluarga

Yunus Karyanto, Universitas PGRI Adi Buana

Prodi Vokasi dan Kesejahteraan Keluarga

Ana Rafikayati, Universitas PGRI Adi Buana

Prodi Pendidikan Khusus

References

Astrini, Erinna. (2013) Renana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kue Nusantara. Bandung: Tidak diterbitkan

Arends, R.I,.2001. Exploring Teaching: An Introduction to Education. New Yourk: Mc Graw-Hill Companies.

Dasmi, Yunisa Fatma (2019) Meningkatkan Keterampilan Membuat Stik Tahu Melalui Model Pembelajaran Explicit Instrucion Bagi Siswa Tunarungu Kelas VII (Penelitian Tindakan Kelas Di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/25238/

Hartaty, Yuly. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction. Diakses dari https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.97.

Ishartiwi, D. M. P. Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. UNY.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media persada.

Mirzaqon, Abdi. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. https://media.neliti.com/media/publications/253525studi-kepustakaan-mengenai-landasan-teorc084d5fa.pdf

Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustakawan Pelajar.

Kripendoff, Klaus. 1991. Analisis Isi, Pengantar Teori, dan Metodologi. Penerjemah: Fraid Wajidi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rani, Amallia P S. 2019. Pengaruh Model Explicit Instruction Pada Pembuatan Cilok Sehat Terhadap Keterampilan Vokasional Bagi Anak Tunagraita Ringan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-khusus/article/view/27696

Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sari, Mulya. 2014. Peningkatan Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Kukus Melalui Model Pembelajaran Eksplisit. Diakses dari https://doi.org/10.21009/PIP.281.3.

Silviana, Gina. 2016. Penggunaan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Biosafety. Diakses dari http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12417.

Sukmadinata, Syaodih.N (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda

Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.

Wardani, I.G.A.K. 2013. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Banten: Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2020-11-20

How to Cite

Asmaul, R., Karyanto, Y., & Rafikayati, A. (2020). Metode Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Mengolah Kue Nusantara Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(2), 75–80. https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.36634