Metode Explicit Instruction Terhadap Keterampilan Mengolah Kue Nusantara Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tunarungu)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.36634Keywords:
Metode Explicit Instruction, Mahasiswa TunarunguAbstract
Mendiskripsikan peranan metode explicit instruction terhadap keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khusus (tunarungu) merupakan tujuan penelitian ini. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode dokumentasi. Sumber data yang digunakan penelitian ini yaitu dari jurnal, buku dan artikel terkait tentang metode explicit instruction terhadap keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khususu (tunarungu). Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis isi dengan pengkajian dilakukan pengecekan ulang antar pustaka. Hasil penelitian ini adalah metode explicit instruction berperan penting dalam keterampilan mengolah kue nusantara bagi mahasiswa berkebutuhan khususu (tunarungu) yakni dengan menerapkan sesuai langkah-langkah pada metode explicit instruction yang diajarkan selangkah demi selangkah oleh Dosen agar mahasiswa tunarungu memahami dalam setiap langkah pada keterampilan mengolah kue nusantara yang diajarkan.
References
Astrini, Erinna. (2013) Renana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kue Nusantara. Bandung: Tidak diterbitkan
Arends, R.I,.2001. Exploring Teaching: An Introduction to Education. New Yourk: Mc Graw-Hill Companies.
Dasmi, Yunisa Fatma (2019) Meningkatkan Keterampilan Membuat Stik Tahu Melalui Model Pembelajaran Explicit Instrucion Bagi Siswa Tunarungu Kelas VII (Penelitian Tindakan Kelas Di SLB Muhammadiyah Pauh IX Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang. http://repository.unp.ac.id/25238/
Hartaty, Yuly. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Pisang Melalui Model Pembelajaran Eksplicit Instruction. Diakses dari https://doi.org/10.25217/ji.v2i1.97.
Ishartiwi, D. M. P. Pembelajaran Keterampilan Untuk Pemberdayaan Kemandirian Anak Berkebutuhan Khusus. UNY.
Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media persada.
Mirzaqon, Abdi. 2017. Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing. https://media.neliti.com/media/publications/253525studi-kepustakaan-mengenai-landasan-teorc084d5fa.pdf
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustakawan Pelajar.
Kripendoff, Klaus. 1991. Analisis Isi, Pengantar Teori, dan Metodologi. Penerjemah: Fraid Wajidi. Jakarta: Rajawali Pers.
Rani, Amallia P S. 2019. Pengaruh Model Explicit Instruction Pada Pembuatan Cilok Sehat Terhadap Keterampilan Vokasional Bagi Anak Tunagraita Ringan. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikan-khusus/article/view/27696
Sarwono, Jonathan. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sari, Mulya. 2014. Peningkatan Keterampilan Tata Boga Materi Pembuatan Brownis Kukus Melalui Model Pembelajaran Eksplisit. Diakses dari https://doi.org/10.21009/PIP.281.3.
Silviana, Gina. 2016. Penggunaan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Biosafety. Diakses dari http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/12417.
Sukmadinata, Syaodih.N (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda
Sumekar, G. (2009). Anak Berkebutuhan Khusus. Padang: UNP Press.
Wardani, I.G.A.K. 2013. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Banten: Universitas Terbuka.