Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei terhadap Orangtua dan Guru di Lampung)

Ossy Firstanti Wardany, Universitas Muhammadiyah Lampung, Indonesia
Yulvia Sani, Universitas Muhammadiyah Lampung

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi solusi menjembatani keharusan untuk berada di rumah untukmenghindari penularan Covid-19 dan  tepat memberikan pelayanan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Penelitian merupakan penelitian survei yang dilakukan terhadap 58 guru dan 36 orangtua ABK di Provinsi Lampung. Tujuan penelitian adalah menggali bagaimana persepsi maupun pengalaman dan permasalahan terkait pembelajaran jarak jauh melalui sudut pandang orangtua dan guru anak berkebutuhan khusus. Hasil menunjukkan selama pandemi Covid-19,  pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran daring. Guru mengungkap bahwa permasalah terkait sinyal internet, kesiapan anak dalam belajar, kondisi dan kemampuan orangtua dalam membimbing anak menjadi penentu keberhasilan PJJ bagi anak berkebutuhan khusus. PJJ memerlukan pendampingan dari orangtua dan pada pelaksanaannya masih ditemukan kendala terkait konektivitas internet, waktu yang dimiliki, keadaan emosi dan kesiapan anak belajar dari rumah, serta kompetensi dan kemampuan orangtua dalam pengasuhan anak dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus di rumah. Berbagai pelatihan terkait penggunaan teknologi, pengasuhan anak, dan pelatihan mengajar jarak jauh sangat diperlukan baik bagi guru maupun orangtua.

Keywords


Pembelajaran Jarak Jauh, Anak Berkebutuhan Khusus, Covid-19, Pendampingan orangtua, peran guru

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Komunikasi Indonesia 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Bramasta, D.B (2020, 13 Maret). Satu Pasien Isolasi yang Meninggal di RSUD Moewardi Solo Positif Corona. KOMPAS.com. Diperoleh 26 Juni 2020 dari https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/13/120826665/satu-pasien-isolasi-yang-meninggal-di-rsud-moewardi-solo-positif-corona

Cavanaugh, C. (2006). Distance Learning. In N. J. Salkind (Ed.), Encyclopedia of Human Development (Vol. 1, pp. 382-383). Thousand Oaks, CA: SAGE Reference.

Chakraborty, M & Nafukho, F.M , (2014). Strengthening student engagement: what do students want in online courses?. European Journal of Training and Development, Vol. 38 Iss 9 pp. 782 - 802

Fadli, R. (2020, 11 Maret). WNA, Kasus Pertama Meninggal Dunia Akibat Corona di Indonesia. Halodoc. Diperoleh 27 Juni 2020 dari https://www.halodoc.com/wna-kasus-pertama-meninggal-dunia-akibat-corona-di-indonesia

Isworo, T. (2020, 28 Maret). Cegah Covid-19, Pemprov Liburkan Sekolah Sampai 22 April. Lampost.co. Diperoleh 26 Juni 2020 dari https://www.lampost.co/berita-cegah-covid-19-pemprov-liburkan-sekolah-sampai-22-april.html

Kementerian Kesehatan RI .(2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disesase (Covid-19), Jakarta: Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit.

Laudato, N. C. (2002). Distance Learning. In R. R. Flynn (Ed.), Computer Sciences (Vol. 3, pp. 75-77). New York, NY: Macmillan Reference USA.

McVey, M. H. (2008). Distance Learning. In N. J. Salkind & K. Rasmussen (Eds.), Encyclopedia of Educational Psychology (Vol. 1, pp. 261-267). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Morissan. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.C, Wijayanti, L.M, Putri, R.S, & Santoso, B.S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Setiawan, H. (2020, 20 Maret). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Suaramerdeka. Diperoleh 27 Juni 2020 dari https://suaramerdeka.news/peran-orang-tua-dalam-pembelajaran-daring/

Sheposh, R. (2020). Coronavirus 2019 (COVID-19). Salem Press Encyclopedia of Health.

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. The Internet and Higher Education, 31, 32–42.

Subarto (2020). Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19. Adalah: Buletin Hukum dan Keadilan, 4 (1), 13-18

Sudaryo Y., Sofiati, M.A., Medidjati A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Yogyakarta: Penerbit Andi

Tanduklangi, A & Amri, C. 2019. Manajemen Sumber Daya Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer: Computer Assisted Language Learning. DeePublish: Yogyakarta

Tim Detik (2020, 19 Maret). 1 Warga Lampung Positif Corona, Pernah Ikut Seminar Keagamaan di Bogor. Detiknews. Diperoleh 26 Juni 2020 dari https://news.detik.com/berita/d-4946267/1-warga-lampung-positif-corona-pernah-ikut-seminar-keagamaan-di-bogor




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i2.32793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter