Magical Science Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis Website Untuk Siswa Tunarungu

Indina Tarjiah, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Erfan Kurniawan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
Riana Bagaskorowati, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media Magical Science untuk memvisualisasikan daur hidup hewan Kupu-Kupu dalam bentuk 3D bagi siswa tunarungu. Media ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Sugiyono yang meliputi tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yaitu ahli media, ahli tunarungu, dan ahli materi dengan hasil rata-rata keseluruhan yang telah dicapai adalah baik, yaitu dengan nilai 3,36 dari nilai maksimal 4. Media Magical Science diujicobakan kepada enam siswa kelas V di SLB Negeri 4 Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Magical Science ini dapat digunakan untuk memvisualisasikan daur hidup hewan Kupu-Kupu dalam bentuk 3D. Diharapkan guru dapat menggunakan media Magical Science pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.

 


Keywords


Pembelajaran IPA, Media Magical Science, Siswa Tunarungu

Full Text:

PDF

References


Arief S. Sadiman, dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asep Supena. 2015. Pengantar Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ

Cecep Kusnadi dan Bambang Sutjipto. 2013. Media Pembelajaran: Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia

Dhega Febiharsa dan Djuniadi Djuniadi.2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif 3 Dimensi untuk Pembelajaran Materi Pengenalan Lingkungan Pada Anak Usia Dini di Indonesia. Journal Of Studies in Early Childhood Education Vol. 1 No.1

Erwin Januarisman dan Anik Ghufron. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan UNJ. Vol.3. No.2 : 166-168

Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif: Mendukung Pengajaran pada Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media

Martini Jamaris. 2014. Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia

Maskoeri Jasin. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rajawali Pers

Nana Djumhana. 2009. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Departemen Agama Republik Indonesia

Reshma Thange, dkk. 2016. Interactive Holograms using Pepper Ghost Phyramid. International Journal For Scientific Research and Development. Vol.4. Issue 01 : 2321-0613

Rochman Natawidjaya. 1996. Penelitian Bagi Guru Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Guru

Roger Pierangelo dan George Giuliani. 2006. The Special Educator’s Comprehensive Guide to 301 Diagnostic Test. USA: Jossey-Bass

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yetti Supriyati. 2016. Pembelajaran Sains Pendidikan Dasar. Jakarta: FMIPA UNJ




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.31285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter