Pengaruh Metode Pembelajaran Musikal bagi Kemampuan Kognitif Anak Autis di SLB Negeri Manekat Niki-Niki
Yulius Yusak Ranimpi, Progam Studi Magister Sosiologi Agama, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Iky Sumarthina Putri Prayitno, Progam Studi Magister Sosiologi Agama, Fakultas Teologi, Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
American Psychiatric Association. (2013). Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-5). United States: American Psychiatric Association.
Aprianti, E. (2016). Media Lingkungan Alam Terhadap Kognitif Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(4), 2–5.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asri, M. (2013). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Autis di Taman Pelatihan Harapan Makassar. Skripsi.
Bektiningsih, K. (2009). Program Terapi Anak Autis Di SLB Negeri Semarang. Jurnal Kependidikan, 39(2), 95–110.
Busroh, J. (1988). Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Bandung: Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Campbell, D. G. (2001). Efek Mozart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DePorter, B. (2001). Quantum Teaching, Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: PT Nizan Pustaka.
Djohan. (2016). Psikologi Musik. Yogyakarta: Percetakan Galang Press.
Leki, D. R., Tat, F., & Barimbing, M. (2019). Pengaruh Peran Orang Tua pada Terapi Wicara Terhadap Kemampuan Bicara pada Anak Penderita Autis di SDK STA. Maria Assumpta dan Pusat Layanan Autis Naimata Kota Kupang. CHM-K Applied Scientific Journal, 2(1), 44–56.
Long, C., Gurka, M. J., & Blackman, J. (2011). Cognitive Skills of Young Children with and without Autism Spectrum Disorder Using the BSID-III. Autism Research and Treatment, 1–7.
Milyartini, R. (2010). Peran Musik bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Diffable-Different Abilities. ResearchGate: Article.
Mutaqin, W. R. (2016). Keefektifan Strategi Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Sosial pada Anak dengan KONDISI Spektrum Autis Tipe Sindroma Asperger (ASD). Jurnal Keterapian Fisik, 1(2), 147–152.
Nugraheni, S. A. (2016). Menguak Belantara Autisme. Buletin Psikologi, 20(1–2), 9–17.
Rahma, D., Oktaviasari, F., & Malang. (2019). Analisis Cara Berbahasa Anak Penyandang Autisme. Prosiding SENASBASA, 3(2), 200–208.
Ratnasari, L. D. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Autis Melalui Strategi Pembelajaran Musik di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Gedongkuning Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Skrip.
Rokhimah, R., & Darmawanti, I. (2013). Pengaruh Permainan Lasy Terhadap Peningkatan Konsentrasi pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 4(1), 48–55.
Romadhon, T. (2012). Pembelajaran Musik Karawitan Pada Anak Autis Di SLB Bina Anggita Yogyakarta. Skripsi.
Sheppard, P. (2007). Music Makes Your Child Smarter: Peran Musik dalam Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sholikah, H. S. (2015). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Perkembangan Kognitif Anak yang Mengalami Retardasi Mental di SDLB Negeri Banjar Mendalan, Lamongan. Surya: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 07(01), 38–45.
Sihotang, C. P. (2018). Peran Komunikasi Interpersonal Guru dengan Siswa Autis dalam Mengembangkan Kecakapan Sosial di SLB Citra Mulia Matri Selomartani Sleman Yogyakarta. Tesis.
Sintowati, R. (2007). Autisme. Jakarta: Sunda Kelapa Pustaka.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Y. N., & Sujiono, B. (2008). Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumekar, I. (2007). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Kemampuan Berbahasa pada Anak Autis di Pusat Terapi Terpadu A Plus Jalan Imam Bonjol Batu. Skripsi.
Widajati, W., & Alfinina, B. (2013). Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Anak Autis. Pendidikan Luar Biasa, 9(1), 26–34.
Widiastuti, D. (2014). Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus Gangguan Autisme di SLB Negeri Semarang Tahun 2014. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 72–78.
Wieminaty, A. F. (2012). Pengaruh Belajar Musik Klasik Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar pada Anak Sekolah Dasar di Studio Musik Purwacaraka Surakarta. Karya Tulis Ilmiah.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.31057
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.