Pendekatan Scientific dalam Implementasi Kurikulum 2013 bagi Peserta Didik dengan Hambatan Intelektual
Mumpuniarti Mumpuniarti, universitas negeri yogyakarta, Indonesia
Abstract
Artikel ini membahas tentang penggunaan pendekatan scientific dalam pelaksanaan kurikulum 2013 bagi anak dengan hambatan intelektual. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah dua sekolah luar biasa di Kota Yogyakarta. Teknik pengumpula data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen berisi pertanyaan dan pernyataan yang digunakan untuk mengetahui penggunaan pendekatan scientfic dalam kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran bagi anak dengan hambatan intelektual terdiri dari aktivitas menanya, mengamati, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar dan mengkomunikasikan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah pendidik perlu mencoba banyak pendekatan dalam pembelajaran bagi anak dengan hambatan intelektual agar mereka dapat lebih memahami materi yang mereka pelajari.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hallahan, Daniel P., Kauffman, James M., Pullen, Paige C. (2009). Exceptional Learners: An Introduction to Special Education: Eleventh Edition. United States of America: Pearson.
Smith, Deborah D. & Tyler, Naomi C. (2010). Introduction to Special Education: Making A Difference: Seventh Edition. United States of America: Pearson.
Herndon, Carrie Wilson. (2017). Incorporating A Farm Into Our Science Curriculum: An Innovative Twist. Science Scope, Vol. 40 Issue 9, p53-63. 11p. Retrived from http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=16&sid=35684a0a-c4c0-4bf3-89c0-828539ffb672%40sessionmgr4010.
Baxter, J., Ruzicka, A., Blackwell, S. (2012). Inquiry Takes Time. Science & Children, Vol. 50 Issue 1, p42-47. 6p. Retrived from http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=19&sid=35684a0a-c4c0-4bf3-89c0-828539ffb672%40sessionmgr4010.
Damelin, Daniel, et al. (2017). Students making systems models. Science Scope, Vol. 40 Issue 5, p78-83. 5p. Retrived from http://web.a.ebscohost.com/ehost/pdfviewer/pdfviewer?vid=6&sid=35684a0a-c4c0-4bf3-89c0-828539ffb672%40sessionmgr4010.
Schiro, Michael S. (2013). Curriculum theory: Conflicting visions and enduring concerns (2nd ed.). United States of America: Sage..
Suparno, Paul. (2001). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Shively, Joseph. (2015). Constructivism in Music Education. Arts Education Policy Review, Vol. 116 Issue 3, p128-136. 9p.
Wiggins, Jackie. (2015). Constructivism, Policy, and Arts Education. Arts Education Policy Review, Vol. 116 Issue 3, p115-117. 3p.
Hunter, Jennifer L. (2010). Constructivism in Cultural Competence Education. Journal of Nursing Education, Vol. 49 Issue 4, p 207-214.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v16i1.30345
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Our Journal has been indexed by:
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.