PERANAN ORANG TUA ANAK TUNAGRAHITA DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN PENDIDIKAN DI SLB-AC DHARMA WANITA KAB. SIDOARJO

Muhamad Rosyid, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan orang tua anak tunagrahita dalam menunjang pelaksanaan pendidikan di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subyek penelitian orang tua anak tunagrahita sebanyak 34 orang dari SDLB, SMPLB, dan SMALB di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bidang akademik perencanaan memperoleh skor rata-rata 2,49 dengan kategori sedang, bidang akademik pelaksanaan memperoleh skor rata-rata 3,30 dengan kategori sangat tinggi, bidang akademik evaluasi memperoleh skor rata-rata 3, 17 dengan kategori tinggi, bidang non akademik pengembangan diri memperoleh skor rata-rata 3,1 dengan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa (1) peranan orang tua dalam bidang akademik yang merupakan masalah pelaksanaan asesmen dan pembuatan program khusus sangat kurang sedangkan peranan orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran sudah baik (2) peranan orang tua anak tunagrahita dalam menunjang pelaksanaan pendidikan di SLB-AC Dharma Wanita Kab. Sidoarjo dalam bidang non akademik yang merupakan masalah pembuatan program sangat kurang, sedangkan dalam pelaksanaan pengenbangan diri peran orang tua sudah baik.

Keywords


Peranan Orang Tua Tunagrahita, Pendidikan Khusus

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1995). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Austin, J. F. Dalam penelitiannya yang berjudul “The Role of Parents as Advocates for the Transition Rights of Their Disabled Youth.” Diperoleh dari http://dsq-sds.org/article/view/265/279

Darmaji. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial, Konsep Dasar dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Deklarasi Hak Asasi Manusia, (1948). Declaration of Human Rights.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Deprtemen Pendididkan Nasional, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta Puasat.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003), Undang-Undang RI NO. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS, Bandung, Fokus media.

DeRoche, C. (2015) dalam penelitiannya yang berjudul “Labels in Education: The Role of Parents and Parental Cultural Capital in Acquiring Diagnoses and Educational Accommodations.” Diperoleh dari http://journals.sfu.ca/cje/index.php/cje-rce/article/download/1870/1811.

Fasina, F.F (2011) dalam penelitiannya yang berjudul “The Role of Parents in Early Childhood Education: a Case Study of Ikeja, lagos state, Nigeria” Diperoleh dari http://globaljournals.org/GJHSS_Volume11/6-The-Role-of-Parents-in-Early-Childhood-Education.pdf.

Komitmen Dakar mengenai Pendidikan untuk Semua, 2000. The Dakar Commitment on Education for All.

Mohsin, M. N., Khan, T. M., Doger, A. H., & Awan, A. S. (2011) dalam penelitiannya yang berjudul “Role of Parents in Training of Children with Intellectual Disability.” Diperoleh dari http://www.ijhssnet.com/journals/Vol._1_No._9_Special_Issue_July_2011/11.pdf.

Pasca Unesa. (2016), Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi, Surabaya, UNESA Press

Pramono, H. (2013) dalam peneliannya yang berjudul “Peran Orangtua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini” Diperoleh dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3994/02.pdf?sequence=1.

Riduwan (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Riduwan (2007). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Riduwan (2010) Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung : Alfabeta

Safita, R. (2013) dalam penelitiannya yang berjudul “Peranan Orang Tua dalam Meemberikan Pendidikan Seksual pada Anak.” Diperoleh dari http://www.e-journal.iainjambi.ac.id/index.php/edubio/article/download/376/344.

Sharma, Sheetal (2014) dalam penelitiannya yang berjudul “Understanding Role of Parents in Rehabilitation of Children with Mental Retardation.” Diperoleh dari https://scholar.google.com/scholar?q=Understanding+Role+of+Parents+in+Rehabilitation+of+Children+with+Mental+Retardation&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart&sa=X&ved=0ahUKEwjH7O2Oz5vUAhXCpZQKHZV1A4sQgQMIITAA

Soekanto, S. (2009) Sosiologi Suatu Pengantar, Edisi Baru, Rajawali Pers Jakarta

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : CV. Rineka Cipta

Sukmadinata, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukmadinata, N. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sukmadinata, N. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2000. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta

Sugiono. (2008). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Jakarta: Alfabeta.

Sutrisno (2012) dalam penelitiannya yang berjudul “Peranan Orang Tua Muslim dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada anak-anaknya di Dusun Kerugmunggang Desa Majaksingi Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.” Diperoleh dari http://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/1a3e594997fa25c9.pdf

Umar, M. (2015) dalam penelitiannya yang berjudul “Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak.” Diperoleh dari http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/view/315

Valentina, S. (2009) “Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Religiositas Anak di Desa Bagunsari, Keacamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur” Diperoleh dari

Wasliman. (2009) Manajemen Sistem Pendidikan Kebutuhan Khusus. Bandung: Universitas Pendidikan Bandung.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.27500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter