PERAN ORANG TUA BAGI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI CEREBRAL PALSY DENGAN SISTEM KOMUNIKASI TAMBAHAN DAN ALTERNATIF (Augmentatif and Alternatif Communication/AAC)

Mumpuniarti Mumpuniarti, universitas negeri yogyakarta, Indonesia

Abstract


Komunikasi sebagai bentuk penyampaian pesan saling timbal balik di antara komunitas manusia. Penyampaian pesan melalui saluran kode atau symbol, pada umumnya dengan symbol bunyi yang disebut verbal atau bahasa. Keterbatasan Cerebral Palsy menggunakan kode dengan verbal berakibat terhambat komunikasi. Komunikasi dengan Alternatif dan Tambahan(Alternative and Augmentatif Communication(AAC) sebagai solusi mengatasi hambatan komunikasi. AAC menggunakan kode komunikasi dengan bentuk kode lainnya, selain kode verbal dengan bicara. Kode agar fungsional penggunaannnya perlu dilatihkan oleh orang tua dalam penggunaan sehari-hari.

Keywords


Orang Tua, AAC pada Cerebral Palsy

Full Text:

PDF

References


Berns, R.M. (2004).Child, family, school, community. 6ed Australia: Thomson.

Berry, M.F. & Fisenson, P. (1956). Speech disorders. New York: Appleton Century Crofts.

Hallahan. D. P. & Kauffman. J. M. (2003). Exceptional learners: Introduction to special education. 9th. Boston: Allyn and Bacon.

Hardman, et all. (1990).Human exceptionality, society, schools, and family.Bonton: Allyn and Bacon.

Linda L.Dunlap. (2009). An introduction early chilhood education.New Jersey: by Pearson Education




DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.27498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Supervised by:

RJI Main logo



Our Journal has been indexed by:

      

   

 

 



Creative Commons License
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk.

View JPK Stats

Flag Counter