PERAN ORANG TUA BAGI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI CEREBRAL PALSY DENGAN SISTEM KOMUNIKASI TAMBAHAN DAN ALTERNATIF (Augmentatif and Alternatif Communication/AAC)
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.27498Keywords:
Orang Tua, AAC pada Cerebral PalsyAbstract
Komunikasi sebagai bentuk penyampaian pesan saling timbal balik di antara komunitas manusia. Penyampaian pesan melalui saluran kode atau symbol, pada umumnya dengan symbol bunyi yang disebut verbal atau bahasa. Keterbatasan Cerebral Palsy menggunakan kode dengan verbal berakibat terhambat komunikasi. Komunikasi dengan Alternatif dan Tambahan(Alternative and Augmentatif Communication(AAC) sebagai solusi mengatasi hambatan komunikasi. AAC menggunakan kode komunikasi dengan bentuk kode lainnya, selain kode verbal dengan bicara. Kode agar fungsional penggunaannnya perlu dilatihkan oleh orang tua dalam penggunaan sehari-hari.References
Berns, R.M. (2004).Child, family, school, community. 6ed Australia: Thomson.
Berry, M.F. & Fisenson, P. (1956). Speech disorders. New York: Appleton Century Crofts.
Hallahan. D. P. & Kauffman. J. M. (2003). Exceptional learners: Introduction to special education. 9th. Boston: Allyn and Bacon.
Hardman, et all. (1990).Human exceptionality, society, schools, and family.Bonton: Allyn and Bacon.
Linda L.Dunlap. (2009). An introduction early chilhood education.New Jersey: by Pearson Education
Downloads
Published
2019-10-03
How to Cite
Mumpuniarti, M. (2019). PERAN ORANG TUA BAGI PERKEMBANGAN KOMUNIKASI CEREBRAL PALSY DENGAN SISTEM KOMUNIKASI TAMBAHAN DAN ALTERNATIF (Augmentatif and Alternatif Communication/AAC). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 13(1), 15–21. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.27498
Issue
Section
Articles