Analisis implementasi pendidikan berbasis budaya pada lembaga pendidikan nonformal di Daerah Istimewa Yogyakarta
Mulyadi Mulyadi, , Indonesia
Serafin Wisni Septiarti, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pentingnya analisis terhadap
implementasi pendidikan berbasis budaya (Perda no 5 Tahun 2011) di Daerah Istimewa
Yogyakarta khususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai layanan
pendidikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) sosialisasi pendidikan berbasis budaya dilakukan
secara terstruktur dari tingkat propinsi hingga lembaga penyelenggara kursus melalui
workshop, TOT, seminar, FGD; 2) Tingkat kesiapan LKP dalam menjalankan pendidikan
berbasis budaya dari aspek isi, proses, sarana prasarana dan sumber daya manusia terlibat
dalam layanan pendidikan masyarakat ini berbeda-beda. Terdapat 46 LKP di DIY dengan
kualifikasi terakreditasi BANPNF ada sebagian yang belum sepenuhnya menerapkan
pendidikan berbasis budaya; 3) Beberapa kesulitan yang teridentifikasi kaitannya dengan
implementasi Perda no 5 Tahun 2011 tentang pendidikan berbasis budaya ini meliputi
kompleksitas permasalahan yang dihadapi LKP, kesulitan dalam mencari indikator
pendidikan berbasis budaya berdasarkan nilai-nilai luhur budaya Yogyakarta sehingga
tidak mudah untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran, waktu yang digunakan
untuk menyusun kurikulum berbasis budaya ke dalam format-format yang baru sangat
panjang dengan tim yang sering berganti-ganti sehingga terkesan melelahkan
implementasi pendidikan berbasis budaya (Perda no 5 Tahun 2011) di Daerah Istimewa
Yogyakarta khususnya pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sebagai layanan
pendidikan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) sosialisasi pendidikan berbasis budaya dilakukan
secara terstruktur dari tingkat propinsi hingga lembaga penyelenggara kursus melalui
workshop, TOT, seminar, FGD; 2) Tingkat kesiapan LKP dalam menjalankan pendidikan
berbasis budaya dari aspek isi, proses, sarana prasarana dan sumber daya manusia terlibat
dalam layanan pendidikan masyarakat ini berbeda-beda. Terdapat 46 LKP di DIY dengan
kualifikasi terakreditasi BANPNF ada sebagian yang belum sepenuhnya menerapkan
pendidikan berbasis budaya; 3) Beberapa kesulitan yang teridentifikasi kaitannya dengan
implementasi Perda no 5 Tahun 2011 tentang pendidikan berbasis budaya ini meliputi
kompleksitas permasalahan yang dihadapi LKP, kesulitan dalam mencari indikator
pendidikan berbasis budaya berdasarkan nilai-nilai luhur budaya Yogyakarta sehingga
tidak mudah untuk diintegrasikan ke dalam materi pembelajaran, waktu yang digunakan
untuk menyusun kurikulum berbasis budaya ke dalam format-format yang baru sangat
panjang dengan tim yang sering berganti-ganti sehingga terkesan melelahkan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8271
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: