Keaktifan belajar siswa menggunakan aplikasi live board pada pembelajaran bahasa Jawa madrasah ibtidaiyah
Noor Alfi Fajriyani, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Eka Putri Ningsih, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Ika Fitriyati, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Fildza Malahati, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan aplikasi liveboard terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran daring materi menulis kalimat dengan aksara Jawa. Penelitian dilatarbelakangi oleh penurunan keaktifan belajar siswa yang disebabkan oleh tingkat kesulitan materi dan minimnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Metode penelitiannya adalah Pre-Eksperimental jenis One-Group Pretest-Posttest yang melibatkan suatu kelompok mengalami perlakuan. Data primer dalam penelitian ini berupa observasi dan pemberian angket. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah dukumentasi.Populasi pada penelitian ini yakni seluruh siswa MI Muhammadiyah 10 Yanggong dengan sampel siswa kelas VI. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket (Quetionnaires) jenis Pretest dan Posttest. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan uji beda paired sampel T-Test dengan software JASP versi 0.16.1. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan aplikasi Live board dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa secara daring. Hal ini terlihat dari perbedaan rata-rata hasil kuesioner Pretest dan Posttest yaitu terdapat adanya peningkatan signifikan rata-rata keaktifan siswa sebesar 10,52 dengan uji normalitas non parametrik p>0,05 dan uji asumsi p<0,01. Hasil pengujiannya menunjukkan adanya perbedaan tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran daring bahasa Jawa dengan menggunakan aplikasi Live board.
Student learning activities using live board in Javanese language learning at madrasah ibtidaiyah
This study aims to reveal the effect of using the applicationLive board on the activeness of student learning in online learning material for writing sentences in Javanese script. The research background is the decrease in student learning activity caused by the difficulty level of the material and the minimal use of learning media. This study uses a descriptive quantitative approach. The research method is Pre-Experimental typeOne-Group Pretest-Posttest involving a group experiencing treatment. The primary data in this study are in the form of observation and questionnaires. While the secondary data in this study is documentation. The population in this study were all students of MI Muhammadiyah 10 Yanggong with a sample of class VI students. Data collection techniques in this study used an instrument in the form of a questionnaire Pretest and Posttest type. Next, the research data were analyzed using a paired sample T-Test with JASP software version 0.16.1. The results of the study revealed that the use of the application Live board can increase student activity in learning Javanese online. This can be seen from the average difference in the results of the questionnaire Pretest and Posttest, there is a significant increase in the average student activity of 10.52 with the non-parametric normality test p>0.05 and the assumption test p<0.01. The test results show that there are differences in the level of student learning activeness in learning Javanese online by using the Live board application.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiansyah, A. (2020). Improving students’ speaking skills through the use of video-based scientific approach. Journal of Languages and Language Teaching, 8(3), 222. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i3.2734
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Ariska, M., Kistiono, K., Akhsan, H., Cahyati, N., & Fitriyani, F. (2021). Peningkatan profesionalisme guru melalui pendampingan pembelajaran online berbasis Liveboard bagi guru-guru mgmp Fisika kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya (JIFP), 5(1), 36–43. https://doi.org/10.19109/jifp.v5i1.6919
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan platform digital di masa pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303.
Butnaru, G. I., Niță, V., Anichiti, A., & Brînză, G. (2021). The effectiveness of online education during Covid 19 pandemic: A comparative analysis between the perceptions of academic students and high school students from Romania. Sustainability (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/su13095311
Cahyati, N., Desti, M. A., & Sari, M. (2021). Smart board live application: Super complete online learning platform for effective online learning. Pancaran Pendidikan, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.25037/pancaran.v10i1.284
Febriana, M., Al Asy’ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran inquiry pictorial riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 6–12. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.1879
Febrianti, E. P. (2020). Motivasi belajar menurun imbas dari Covid-19. https://doi.org/10.35542/osf.io/k2tgz
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan zoom meeting untuk proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Harahap, A. R., & Prastowo, A. (2021). Pembelajaran berbasis TIK di sd it Al Khoiriyah dalam penerapan berbasis online. Limas Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 74–81. https://doi.org/10.19109/limas_pgmi.v2i1.7499
Hirnanda, D. P. (2021). Interactive multimedia based on mobile device for primary school students’ multimedia interaktif berbasis mobile device untuk siswa sekolah dasar. 14(1), 71–78. https://doi.org/10.18860/mad.v14i1.12627
Ikhwan, A. (2017). Metode simulasi pembelajaran dalam perspektif Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24269/ijpi.v2i2.623
Jelyani, S. J., Janfaza, A., & Soori, A. (2014). Integration of smart boards in EFL classrooms. International Journal of Education and Literacy Studies, 2(2), 20–23. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.2n.2p.20
Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom meeting dalam pembelajaran PAI di masa pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961–2969. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1070
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Prawanti, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala pembelajaran daring selama pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286–291.
Prisuna, B. F. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Google Meet terhadap hasil belajar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(2), 137–147. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i2.39160
Purwanto, P. (2019). Penggunaan papan tulis interaktif di kelas. Jurnal Teknodik, 104–116. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.565
Rahayu, S. (2021). Penerapan penggunaan papan tulis digital terhadap hasil belajar siswa pada operasi hitung pecahan di kelas 5c sdn Kebraoon 2 Surabaya. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 80–87.
Rinekso, A. B., & Lesagia, O. (2020). EFL instructors’ beliefs about the implementation of smartboard in language teaching practices. LLT Journal: A Journal on Language and Language Learning, 23(1), 248–253.
Sanjaya, W. (2014). Media komunikasi pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.
Sekarini, N., Sutarjo, A., & Hanif, M. (2021). Analisis penggunaan media pembelajaran daring oleh guru sdn Ciputat kota Serang pada pandemi Covid-19. Didaktika, 1(3), 540–549.
Setiawan, B. A., Rofi, S., & Jatmikowati, T. E. (2021). The student learning activity levels on the online learning during the Covid-19 pandemic. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(2), 186–197.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Rosdakarya.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi R&D dan pendidikan. Alfabeta.
Sutarsih. (2015). Pembelajaran menulis aksara Jawa anak kelas III sekolah dasar. Aksara, 27(1), p. 65–72.
Turan, B. (2014). Smart board in Mathematics education, the use of cartoon characters impact on Student Success. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 809–815. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.481
Zaeni, Aulia, J., Hidayah, & Fatichatul, F. (2017). Analisis keaktifan siswa melalui penerapan model teams games tournaments (TGT) pada materi termokimia kelas XI IPA 5 di 1 sma n 15 Semarang. Prosiding Seminar Nasional & Internasional, 416–425.
Zaenuri, Z., & Prastowo, A. (2021). Peran guru dalam perencanaan pembelajaran berbasis aplikasi zoom meeting di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1734–1744.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v16i1.52296
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: