PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (four D model) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri Purworejo. Pada tahap define, dilakukan penelahaan kurikulum kompetensi jarak, waktu, dan kecepatan. Hasil dari tahap define dijadikan sebagai acuan perancangan multimedia. Tahap design menghasilkan draft-I. Pada tahap development draft-I dinilaikan pada validator. Validator menilai multimedia draft-I sudah sesuai dengan SK dan KD, serta telah menggunakan bahasa yang baik dan tidak membingungkan siswa. Draft-II diujicobakan kepada 12 siswa kelas 5 A SD N Purworejo dan dilakukan observasi mengenai penggunaan multimedia. Hasil observasi menunjukkan bahwa siswa tertarik dan antusias, serta 100% siswa suka dengan multimedia yang digunakan. Draft-II selanjutnya direvisi menjadi draft-III. Draft-III diujicobakan kepada seluruh siswa kelas 5 SD N Purworejo. Hasil uji coba diperoleh tobs = 11,537 dengan ttab = 1,670 sehingga H0 ditolak. Artinya prestasi siswa yang dikenai pembelajaran dengan multimedia lebih baik daripada prestasi siswa yang tidak dikenai pembelajaran dengan multimedia. Pada tahap dessiminate penyebaran dilakukan penyerahan produk, pelatihan pada guru SD, dan melalui seminar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4920
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: