PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Biologi berbasis Contextual Teaching Learning sehingga dapat mengekfektifkan pembelajaran Biologi bagi siswa SMA. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Hasil yang diperoleh: 1) Prosedur yang digunakan sebagai berikut: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft, uji coba lapangan awal, merevisi hasil uji coba, uji coba lapangan, penyempurnaan produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, penyempurnaan produk akhir, dan implementasi; 2) berdasarkan analisis diperoleh skor rata-rata post test kelas X-9 (buku teks) adalah 66,9 dan skor rata-rata post test kelas X-7 (bahan ajar biologi berbasis CTL) adalah 79,4 dan t hitung F hit = 2.67 > 1.67 = F tabel, dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar biologi berbasis CTL mampu mengefektifkan pembelajaran dalam pembelajaran mata pelajaran biologi di SMA Al-Islam 1 Surakarta
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4918
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: