KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STAD DAN MODEL ELABORASI TIPE PQ4R DITINJAU DARI KUALITAS DAN HASIL BELAJAR IPS

Akhmad Muzakkir,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) keefektifan model pembelajaran cooperative tipe STAD terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS; 2) keefektifan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa; 3) membandingkan keefektifan model cooperative learning tipe STAD dengan elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, menggunakan dua kelompok eksperimen dengan desain Counterbalanced Design with Two Treatments Design. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN 1 Pengenjek dan SDN Beber. Pengumpulan data kualitas pembelajaran menggunakan metode observasi dan angket, dokumentasi dan data hasil belajar menggunakan tes. Hasil pengukuran dengan MANOVA menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, model pembelajaran cooperative tipe STAD efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Kedua, model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R efektif ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Ketiga, pembelajaran cooperative tipe STAD lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran elaborasi tipe PQ4R ditinjau dari kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats