STUDI KOMPARASI SELF-EFFICACY GURU SD SN DAN RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy guru SDSN dan SD eks RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Populasi yang dipilih adalah guru SDSN dan SD eks-RSBI di DIY dengan jumlah sampel sebanyak 351 guru, yaitu 248 guru SDSN dan 103 guru SD eks-RSBI. Data dikumpulkan dengan lembar skala psikologi tentang self-efficacy, berdasarkan tiga dimensi Bandura. Data dianalisis secara univariat dan bivariat memakai uji-t dua sampel independen. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa self-efficacy guru SD eks RSBI lebih tinggi dibanding guru SDSN dengan selisih sebesar 0,1881.Berdasarkan uji-t dua sampel independen diperoleh signifikansi perbedaan nilai p-value sebesar 0,012, meskipun di masing-masing kabupaten menunjukan hasil berbeda
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: