PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI MODELJIGSAW MAHASISWA S1 PGSD YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis paragraf padamahasiswa S1 PGSD kelas I semester II tahun 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas (PTK). Objek penelitian adalah mahasiswa PGSD semester II kelas I yangberjumlah 30 mahasiswa. Alat pengumpulan data menggunakan test menulis, sedangkanteknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptifkualitatif. Hasil kegiatan dalam penelitian ini dinyatakan bahwa terdapat peningkatkandalam menulis paragraf pada mahasiswa PGSD semester II kelas I seperti berikut: 1)pada siklus I, mahasiswa yang memenuhi nilai KKM ada 43%, 2) masalah-masalah ataukesulitan yang masih dialami oleh para mahasiswa pada siklus I antara lain meliputiunsur kelengkapan, EYD, dan penggunaan kalimat efektif. 3) nilai rata-rata meningkatdari 65 menjadi 68,2. 2) Pada siklus II, mahasiswa yang memenuhi nilai KKM meningkatmenjadi 73%, dan nilai rata-rata meningkat menjadi 72,1. 4) pembelajaran dengan modeljigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif dan tepat, serta dapatmemaksimalkan hasil belajar.Kata kunci: keterampilan menulis paragraf, model jigsaw
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: