EFEKTIVITAS PELAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pelayanan konseling kelompok untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.Desain penelitian yang digunakan adalahpre-experimental design dengan model post-test-only equivalent-group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas I SMA UII Banguntapan Bantul. Hasil penelitian menun-jukkan bahwa konseling kelompok terbukti efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal bagi siswa yang mengalami hambatan dalam berkomunikasi. Penyelenggaraan konseling kelompok dapat dilakukan di sekolah dan di luar sekolah. Konseling kelompok merupakan sebuah miniatur sosial yang penuh dinamika kehidupan bagi remaja. Hal itutampak dari peran teman sebaya dan kohesivitas di antara mereka sehingga membantu proses perlakuan dan dukungan untuk aktif dalam konseling ke-lompok.
Kata kunci: konseling kelompok, komunikasi interpersonal, dan teman sebaya
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4740
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: