Buku panduan pembelajaran disiplin berlalu lintas di taman kanak - kanak
Ika Budi Maryatun, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Martha Christianti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eka Sapti Cahyaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Pengenalan sejak dini, berlalu lintas yang baik, akan menjadikan kegiatan tersebut menjadi budaya yang melekat sampai dewasa. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan buku panduan berlalu lintas yang dapat digunakan untuk pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Tujuan penelitian adalah pembuatan buku panduan yang dapat digunakan sebagai panduan praktis bagi guru PAUD/TK dalam mengajarkan disiplin berlalu lintas sejak dini kepada anak-anak, dan mengenalkan berbagai profesi yang berkaitan langsung dengan adanya taman lalu lintas melalui pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development Borg & Gall. Pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan memiliki kualitas penyajian yang terdiri dari dua item, yaitu kemenarikan gambar dan isi buku; menggunakan bahasa yang jelas dan dapat dipahami dengan baik serta tidak bermakna ganda. Buku panduan disusun menggunakan sistematika penulisan: Bab I Pendahuluan, Bab II Kajian Taman Lalu Lintas, Bab III Prosedur Pembuatan Taman Lalu Lintas, Bab IV Pembelajaran di Taman Lalu Lintas, dan Bab V Penutup, dan Lampiran. Materi yang ditampilkan untuk buku panduan sesuai dengan Kurikulum 2013. Buku panduan sudah dianggap baik oleh para guru dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran pada anak usia dini. Buku panduan berlalu lintas untuk taman kanak- kanak ini, diharapkan memasukkan langkah-langkah saintifik: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi atau mengolah informasi, dan terakhir mengkomunikasikan.
A traffic discipline learning guidebook in kindergarten
Early recognition, good traffic, will make these activities become an inherent culture into adulthood. This study was conducted to develop a traffic manual that can be used for learning in kindergarten. This study explores the use of a guidebook as a practical guide for PAUD/TK teachers in teaching the discipline of traffic early on to children, and introducing various professions that are directly related to the existence of a traffic park. The method of the study is research and development by Borg & Gall. Data collection using interviews, questionnaires, observation, documentation. The results showed that the manual has a quality presentation consisting of two items, namely the attractiveness of the picture and the contents of the book; use language that is clear and can be understood properly and does not have a double meaning. The guidebook was prepared using systematic writing: Chapter I Introduction, Chapter II Study of Traffic Parks, Chapter III Procedures for Making Traffic Parks, Chapter IV Learning in Traffic Parks, and Chapter V Closing, and Appendix. The material displayed for the guidebooks is under the 2013 Curriculum. The guidebooks are considered to be good by teachers and following the characteristics of learning in early childhood. The traffic manual for kindergartens is expected to include scientific steps: observing, asking questions, gathering information, associating the information and communicating.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R & Gall, M. D. (2003). Educational research: An introduction 4 th edition. London: Longman Inc.
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.
Depdiknas. (2009). Pedoman penerapan pendekatan “beyond centers and circles time (bcct)” (pendekatan sentra dan saat lingkaran) dalam pendidikan anak usia dini. Jakarta: Dirjen PLS. Dir PAUD.
DePorter, B. & Hernacki, M. (1999). Quantum learning. Jakarta: Kaifa.
Erviana, V. Y. & Muslimah. (2018). Pengembangan media pembelajaran tangga pintar materi penjumlahan dan pengurangan kelas I sekolah dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(1), 58-67.
Holis, A. (2016). Belajar melalui bermain untuk pengembangan kreativitas dan kognitif anak usia dini.
Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 9(1), 23-37. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/84/86.
Izzaty, R. E., Setiawati, F. A., & Ayriza, Y. (2017). Pengembangan buku panduan program pembelajaran keterampilan sosial bagi guru taman kanak-kanak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 30-39.
Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. (2011). Models of teaching: Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Muthmainnah, Maryatun, I. B., & Hayati, I. (2016). Pengembangan ular tangga modifikasi (Ultamod) untuk mengoptimalkan perkembangan anak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(1), 23-34.
Papalia, D. E., Old, S. W., & Feldman, R. D. (2008). Human developmant 9th edition, psikologi perkembangan, terjemahan oleh A. K. Anwar. Jakarta: Kencana.
Purwanto, R. (2017). Membangun media pembelajaran rambu lalu lintas dengan animasi sebagai metode pembelajaran sejak usia dini studi kasus TK aisyah brebes. Jurnal Inovtek Polbeng-Seri Informatika, 2(2), 73-83.
Santoso, M. S. (2013). Perancangan sarana permainan edukatif disiplin berlalu lintas bagi anak-anak usia 4-6 tahun. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2). https://media.neliti.com/media/publications/203599-perancangan-sarana-permainan-edukatif- di.pdf.
Susanti, R. (2015). Angka kecelakaan di Indonesia menurun, jumlah korbannya meningkat. Diakses dari https://regional.kompas.com/read/2015/04/28/17263691/unpad, pada 26 Januari 2020, pukul 22:46.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v13i1.27634
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: