Korelasi persepsi mahasiswa profesi bidan dengan prestasi belajar asuhan kebidanan II program studi DIII kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta tahun 2014
Abstract
Ketika mahasiswa kebidanan memiliki persepsi yang baik terhadap profesi bidan, maka mereka akan termotivasi untuk belajar guna membentuk sikap dan perilaku yang baik sehingga menjadi lulusan bidan yang profesional. Secara tidak langsung prestasi belajar juga ikut meningkat. Desain Penelitian adalah penelitian korelasional yang dilakukan di Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling. Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis pearson product moment dengan taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,560 dengan signifikansi 0,00 lebih kecil dari α=0,05 yang bermakna korelasi antara kedua variabel signifikan dengan arah korelasi positif. Ada korelasi yang signifikan antara persepsi pada profesi dengan prestasi belajar asuhan kebidanan II
Kata kunci: Persepsi profesi bidan, prestasi belajar Asuhan Kebidanan II
Kata kunci: Persepsi profesi bidan, prestasi belajar Asuhan Kebidanan II
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: