Peningkatan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4 melalui media visual interaktif

Erni Dwi Endarwati,
Djamilah Bondan Widjajanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Negeri Paliyan 4 Kecamatan Paliyan Kabupaten Gunungkidul melalui media visual interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 4 yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes tulis, angket, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media visual interaktif dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar operasi hitung bilangan bulat siswa kelas 4.

Keywords


motivasi, prestasi belajar, operasi hitung bilangan bulat, media visual interaktif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i1.10690

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats