PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SLEMAN
Keywords:
Penguatan, Pendidikan karakter, PJOK, SMPAbstract
Keberhasilan proses pembelajaran karakter pada pembelajaran Pendidikan Jasmani didukung oleh berbagai faktor. Salah satu faktor tersebut adalah Guru sebagai ujung tombak pembelajaran. Kesadaran guru untuk mendesain pembelajaran dan mengimplementasikan penguatan karakter dalam pembelajaran merupakan masalah tersendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran pendidikan jasmani dengan penguatan pendidikan karakter di SMPN 2 Mlati, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, dan pengamatan secara langsung di lokasi. Lokasi penelitian yaitu di SMPN 2 Mlati Sleman Yogyakarta. Subyek penelitiannya yaitu guru Pendidikan jasmani olahraga. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Di samping peneliti sendiri sebagai instrumen utama, peneliti juga menggunakan instrumen pendukung yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian bahwa dalam pembelajaran PJOK sangat sarat akan pendidikan karakter. Penguatan pendidikan karakter di dalam pembelajaran pendidikan jasmani sangat nampak ketika di pra pendahuluan yaitu siswa bertanggung jawab untuk membantu menyiapkan lapangan dan peralatan pembelajaran sebelum jam mulai pembelajaran. Kemudian pendahuluan yakni diawali guru memberi salam, dilanjutkan dengan tepuk PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dengan bersama-sama melakukan tepuk sambil mengumandangkan lima karakter utama, dan salam PPK dengan mengumandangkan sehat, berkarakter, menyenangkan, luarbiasa, hebat. dilanjutkan dengan tepuk karakter. Guru memotivasi untuk menguatkan nasionalisme. Saat Pembelajaran Inti Pada inti nilai Karakter lebih bervareatif macamnya disesuaikan dengan materi yang diajarkan, dan pembelajaran Penutup lebih sering muncul adalah karakter integritas, religius, dan tanggung jawab. PPK yang muncul dalam pembelajaran tidak dipahamkan langsung ke peserta didik. Dukungan PPK dari pihak sekolah diantaranya adanya kegiatan pembacaan kitab suci di setiap pagi sebelum pembelajaran dimulai, kegiatan keagaman dan sosial. Selain itu Guru wajib merencanakan PPK terintegrasi dalam pembelajaran dengan mencantumkan nilai karakter di silabus dan RPP.
References
Anak, K. P. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Membentuk Karakter Positf Anak. Journal of Physical Education Health and Sport, 2(1), 28–31. https://doi.org/10.15294/jpehs.v2i1.3939
Firmansyah, H. (2016). Physical Education and Character Education. 14, 318–320. https://doi.org/10.2991/icemal-16.2016.65
Hidayat, M., & Rozak, R. W. A. (2022). Character Education in Indonesia: How Is It Internalized and Implemented in Virtual Learning? Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45920
Lickona, T. (2013). Educating for Character (Pendidikan Karakter ) (IV). Nusa Media.
Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children's Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431
Nopembri, S., Muktiani, N. R., Saryono, & Listyarini, A. E. (2020). Strengthening Children's Character Through School Sports Festival. 401(Iceri 2019), 33–36. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200204.007
Rokhman, F., Hum, M., Syaifudin, A., & Yuliati. (2014). Character Education for Golden Generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.197
Downloads
Published
Issue
Section
License

Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj.