Tingkat pengetahuan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SD Negeri Deresan
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SD Negeri Deresan Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman.Metode yang digunakan adalah metode survey. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan V B SD Negeri Deresan sebanyak 58 peserta didik. Seluruh populasi menjadi subjek penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa kelas V dalam mengikuti pembelajaran senam lantai di SD Negeri Deresan Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman mayoritas memiliki kategori tinggi yaitu sebanyak 41 peserta didik (70,7%), 10 peserta didik (17,2%) memiliki kategori sedang, 7 peserta didik (12,1%)memiliki kategori sangat tinggi, 0 peserta didik (0%) pada kategori rendah, dan 0 peserta didik (0%) pada kategori sangat rendah.
Level of knowledge of The Fifth Grade students on the gymnastics learning at SD Negeri Deresan
This research aims to determine how high the level of knowledge of the fifth grade students in the gymnastics learning at SD Negeri Deresan (Deresan Elementary School), Depok District, Sleman Regency. The research method was a survey method. This research was a descriptive quantitative study. The research population was 58 fifth grade students from the class A and class B of SD Negeri Deresan. The entire population was the subject of the research. The research instrument was in the form of a multiple choice test. The data analysis technique used a descriptive quantitative analysis with percentages. The results show that the level of knowledge of the fifth grade students in the gymnastics learning at SD Negeri Deresan, Depok District, Sleman Regency is in various levels as follows: there are 41 students (70.7%) in the high level, 10 students (17.2%) are in the medium level, 7 students (12.1%) are in the very high level, there is no any student or 0 student (0%) in the low level, and 0 student (0%) is in the very low level.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Depdiknas, (2003). Undang- Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Hamalik, O. (2010). Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.
Nurhasim. (2013). Tingkat Pengetahuan Tentang Perawatan Gigi Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Blengorwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan: Yogyakarta
Rosdiani, D. (2021). Model Pembelajaran Langsung Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Dasar dan Aktifitas Jasmani is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpdaj