TINGKAT PEGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.953Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Keterampilan DasarMengajar Mahasiswa Prodi. Pendidikan Akuntansi Angkatan 2007 Fakultas IlmuSosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dilihat dari (1) KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Keterampilan Membuka Pelajaran; (2)KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Penguasaan dan Penyampaian Materi; (3)KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Melakukan Interaksi dan SkenarioPembelajaran;(4)Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segi Penguasaan Bahasa,Penampilan dan Alokasi Waktu;(5) Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segiMelakukan Evaluasi;(6) Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segi KeterampilanMenutup Pelajaran . Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi. PendidikanAkuntasi Angkatan 2007 sejumlah 97 mhs. Penelitian ini menggunakan pendekatanex post facto, karena peneitian ini hanya mengungkapkan fakta saja yang telah terjaditanpa ada manipulasi variabel atau menciptakan kondisi tertentu. Dilihat dari sifatnyapenelitian termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data denganmenggunakan observasi, metode ini dibantu dengan lembar penilaian/Observasi yangtelah disusun dan disiapkan sedemikian rupa sehingga observer tinggal mengisi ataumenandai dengan mudah dan cepat, Metode ini digunakan untuk mengetahui berbagaiKeterampilan calon guru yang telah dimiliki oleh mahasiswa.Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan diskriptif, analisis ini digunakan untuk memgambarkanTingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi. PendidikanAkuntansi cara mengambarkan dalam tabel kecenderungan dengan kriteria yang telahditentukan.Hasil Penelitian Menunjukkan Tingkat Keterampilan Dasar MengajarMahasiswa Prodi. Pendidikan Akuntansi Angkatan 2007 Fakultas Ilmu Sosial danEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta :(1)Keterampilan Membuka Pelajaranadalah Terampil; (2) Keterampilan Penguasaan dan Penyampaian Materi adalahTerampil; (3) Keterampilan Melakukan Interaksi dan Skenario Pembelajaran adalahTerampil;(4) Keterampilan Penguasaan Bahasa, Penampilan dan Alokasi Waktuadalah Terampil; (5) Keterampilan Melakukan Evaluasi adalah Terampil;(6)Keterampilan Keterampilan Menutup Pelajaran adalah TerampilKata Kunci : Tingkat Penguasaan, KeterampilaMengajarDownloads
Published
12/01/2010
How to Cite
Siswanto, S. (2010). TINGKAT PEGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.953
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.