TINGKAT PEGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PRODI. PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Siswanto Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Keterampilan DasarMengajar Mahasiswa Prodi. Pendidikan Akuntansi Angkatan 2007 Fakultas IlmuSosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta dilihat dari (1) KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Keterampilan Membuka Pelajaran; (2)KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Penguasaan dan Penyampaian Materi; (3)KeterampilanMengajar Mahasiswa dari segi Melakukan Interaksi dan SkenarioPembelajaran;(4)Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segi Penguasaan Bahasa,Penampilan dan Alokasi Waktu;(5) Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segiMelakukan Evaluasi;(6) Keterampilan Mengajar Mahasiswa dari segi KeterampilanMenutup Pelajaran . Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Prodi. PendidikanAkuntasi Angkatan 2007 sejumlah 97 mhs. Penelitian ini menggunakan pendekatanex post facto, karena peneitian ini hanya mengungkapkan fakta saja yang telah terjaditanpa ada manipulasi variabel atau menciptakan kondisi tertentu. Dilihat dari sifatnyapenelitian termasuk penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data denganmenggunakan observasi, metode ini dibantu dengan lembar penilaian/Observasi yangtelah disusun dan disiapkan sedemikian rupa sehingga observer tinggal mengisi ataumenandai dengan mudah dan cepat, Metode ini digunakan untuk mengetahui berbagaiKeterampilan calon guru yang telah dimiliki oleh mahasiswa.Data yang diperoleh dianalisis dengan pendekatan diskriptif, analisis ini digunakan untuk memgambarkanTingkat Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Prodi. PendidikanAkuntansi cara mengambarkan dalam tabel kecenderungan dengan kriteria yang telahditentukan.Hasil Penelitian Menunjukkan Tingkat Keterampilan Dasar MengajarMahasiswa Prodi. Pendidikan Akuntansi Angkatan 2007 Fakultas Ilmu Sosial danEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta :(1)Keterampilan Membuka Pelajaranadalah Terampil; (2) Keterampilan Penguasaan dan Penyampaian Materi adalahTerampil; (3) Keterampilan Melakukan Interaksi dan Skenario Pembelajaran adalahTerampil;(4) Keterampilan Penguasaan Bahasa, Penampilan dan Alokasi Waktuadalah Terampil; (5) Keterampilan Melakukan Evaluasi adalah Terampil;(6)Keterampilan Keterampilan Menutup Pelajaran adalah TerampilKata Kunci : Tingkat Penguasaan, KeterampilaMengajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.