PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI FISE UNY TERHADAP PROFESIONALITAS GURU BERDASARKAN UNDANGUNDANG GURU DAN DOSEN NO 14 TAHUN 2005
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpai.v6i2.935Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: persepsi mahasiswa Akuntansiterhadap kualifikasi akademik, (2) kompetensi pedagogik, (3) kompetensi kepribadian,(4) kompetensi profesional, dan (5) kompetensi sosialPenelitian ini adalah penelitian survei yang dilakukan terhadap mahasiswaPendidikan Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FISE yangterdaftar sebagai mahasiswa bulan Juli 2006 jumlahnya orang. Subjek dalampenelitian ini sebanyak 152 mahasiswa, tetapi angket disampaikan pada 195 responden.Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif, baik dengan pengambilankecenderungan sentral maupun dengan menggunakan persentase. Untuk mengetahuipersepsi mahasiswa terhadap Undang-undang No 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosendigunakan teknik analisis deskriptif dengan mengambil kecenderungan sentral maupundengan menggunakan persentase.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) persepsi mahasiswa PendidikanAkuntansi terhadap kualifikasi akademik 50,00% sangat baik, 45,40% baik, 1,97% cukupdan 2,63% kurang, (2) persepsi mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap kompetensipedagogik 64,5% baik dan 35,5% cukup, (3) persepsi mahasiswa Pendidikan Akuntansiterhadap kompetensi kepribadian 84,9% sangat baik, dan 15,1% baik, (4) persepsiMahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap kompetensi profesional 71,1% sangat baik,dan 28,9% baik, dan (5) persepsi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi terhadap kompetensisosial 77,6% sangat baik dan 22,4% baik.Kata kunci: Persepsi, Kompetensi Guru, Undang-undang Guru dan Dosen nomor 14tahun 2005Downloads
Published
2008-12-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.