PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA MONOPOLI DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Erma Wulandari, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukirno Sukirno, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar melaluiPenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Kelas X Akuntansi 2 SMKNegeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran2011/2012 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan data reduction, data display,dan verification.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan AktivitasBelajar Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012 melaluipenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division padaKompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank. Aktivitas belajar secara umummengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan ModelCooperative Learning Tipe STAD Aktivitas Belajar Siswa hanya 39,31%, kemudian padasiklus I sebesar 67,43% dan menjadi 88,06% pada siklus II. Indikator Aktivitas Belajarkhususnya siswa yang memperhatikan apa yang disampaikan guru mengalami peningkatandari 68,06% menjadi 94,44%, siswa yang bertanya dan menyampaikan pendapat pada saatkegiatan belajar atau diskusi mengalami peningkatan dari 53,47% menjadi 81,94%, siswayang bekerja sama dengan teman satu tim mengalami peningkatan dari 66,67% menjadi88,19%, siswa yang membuat perencanaan dan pembagian tugas tim mengalami peningkatandari 67,36% menjadi 87,50%, siswa yang bertanggung jawab terhadap tugas yang telahditetapkan dalam tim mengalami peningkatan dari 70,83% menjadi 86,81%, siswa yangmendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar mengalamipeningkatan dari 74,31% menjadi 90,97%, siswa yang bertukar pendapat antar teman dalamtim mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi 84,72%, siswa yang memiliki kepedulianterhadap kesulitan sesama anggota tim mengalami peningkatan dari 68,06% menjadi 86,11%,siswa yang mengambil keputusan dari pertimbangan anggota mengalami peningkatan dari69,44% menjadi 86,11%, serta siswa yang mengerjakan kuis dengan kemampuan sendirimengalami peningkatan dari 67,36% menjadi 93,75%.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division, Aktivitas BelajarAkuntansi, SMK Negeri 1 Godean


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.