PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012

Nina Isnawati, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dyah Setyorini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Perhatian Orang Tuaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi SiswaKelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran2011/2012, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Perhatian OrangTua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program KeahlianAkuntansi yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket dandokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 33 siswa SMK TamanSiswa Banjarnegara untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.Pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Pengujianhipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujianhipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi MengelolaDokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,121 p-value = 0,000 <0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,308 yang artinya variabel ini mempengaruhiPrestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 30,8%,(2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap terhadap PrestasiBelajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkandengan nilai thitung sebesar 5,814 p-value = 0,000 < 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar0,364 yang artinya variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada KompetensiMengelola Dokumen Transaksi sebesar 36,4% (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi BelajarAkuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilaiFhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 23,101 > 3,150 dengan koefisien determinasi sebesar 0,443yang artinya variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksisebesar 44,3%.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.