PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X AK 3 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012
Isroah Isroah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melaluiimplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada siswa kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejotahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklusdengan subjek penelitian kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik PerbaikPurworejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkaninstrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi Aktivitas Belajar, catatanlapangan, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan antara lain analisis datakualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisis datakuantitatif yang terdiri dari penilaian Aktivitas Belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan AktivitasBelajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Indikator memperhatikan penjelasan guru mengalamipeningkatan dari 94,44% pada siklus I menjadi 98,08% pada siklus II. Indikator membaca materipelajaran mengalami peningkatan dari 90,74% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.Indikator bertanya pada guru atau teman mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus Imenjadi 78,85% pada siklus II. Indikator bekerja sama mengerjakan tugas dengan sesamaanggota kelompok mengalami peningkatan dari 77,78% pada siklus I menjadi 92,31% padasiklus II. Indikator melakukan diskusi sesama anggota kelompok untuk memecahkan masalahmengalami peningkatan dari 72,22% pada siklus I menjadi 94,23% pada siklus II. IndikatorMenanggapi atau mengemukakan pendapat/gagasan selama proses pembelajaran mengalamipeningkatan dari 70,37% pada siklus I menjadi 86,54% pada siklus II. Indikator mencatat materipelajaran mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus I menjadi 86,54% pada siklus II.Indikator mengerjakan kuis secara individual mengalami peningkatan dari 96,30% pada siklus Imenjadi 100% pada siklus II. Indikator membantu sesama anggota kelompok dalam menguasaimateri pelajaran mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus I menjadi 78,85% pada siklusII. Indikator bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dari 75,93%pada siklus I menjadi 92,31% pada siklus II.Kata kunci : Aktivitas Belajar, STAD, SMK Batik Perbaik Purworejo
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.916
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.