PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI
Andian Ari Istiningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa TentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. (2) Pengaruh MotivasiBelajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guruterhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi. (4)Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Disiplin Belajarterhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (5) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode MengajarGuru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (6)Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang MetodeMengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi BelajarAkuntansi.Berdasarkan jenis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untukmengumpulkan data Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Disiplin Belajar, danMotivasi Belajar. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. Data Prestasi Belajar Akuntansi diperolehdengan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMKN 1 Yogyakarta untukmengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Analisis data yang digunakanadalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, ketiga, dan kelima, dan analisisregresi ganda untuk hipotesis kedua, keempat, dan keenam. Sebelum analisis data diadakanuji persyaratan analisis yaitu uji linearitas dan uji multikolinearitas.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guruberpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkandengan nilai rx1y 0,923, thitung 18,820, dengan r2 sebesar 0,851. (2) Motivasi Belajarmemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap PrestasiBelajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 214,98, R2 sebesar 0,915, kenaikanR2 sebesar 0,017. (3) Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap PrestasiBelajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,914, thitung 17,721, dengan r2 sebesar0,835. (4) Motivasi Belajar memoderasi pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 153,023, R2 sebesar 0,884, kenaikan R2sebesar 0,009. (5) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yangditunjukkan dengan nilai Fhitung 353,604, R2 sebesar 0,921. (6) Motivasi Belajar memoderasipengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secarabersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung197,989, R2 sebesar 0,945, kenaikan R2 sebesar 0,009.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.915
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Index sitasi:
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.