PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012

Arga Lacopa Arisana, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ismani Ismani, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadapPrestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012,(2) pengaruh Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012, (3) pengaruhKedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru secara bersama-samaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran2011/2012.Penelitian ini dilihat dari hubungan antar variabel adalah penelitian yang bersifat kausalkomparatif. Sedangkan dilihat dari sumber data adalah penelitian expost facto yangmenggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSMAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 99 siswa. Pengambilan data padapenelitian ini diambil dengan metode angket dan tes. Uji prasyarat analisis meliputi ujilinieritas dan uji multikolinieritas. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan analisisregresi satu-prediktor untuk hipotesis 1, dan 2 serta analisis regresi dua-prediktor untukhipotesis 3.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan Siswa berpengaruh positifdan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta IItahun ajaran 2011/2012 dengan harga koefisien korelasi r(x1y) sebesar 0,494 serta t hitung5,591 dengan signifikansi 0,000. (2) Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guruberpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPSMAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 dengan harga koefisien korelasi r(x2y) sebesar0,539 serta nilai t hitung 6,308 dengan signifikansi 0,000. (3) Kedisiplinan Siswa danPersepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dansignifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahunajaran 2011/2012 dengan harga R sebesar 0,605 dan R2 sebesar 0,366 serta harga F hitungsebesar 27,702 dengan signifikansi 0,000.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.