MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI ILMU SOSIAL 1 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

Elza Firanda Riswani, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ani Widayati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Peserta Didik denganmenerapkan Model Active Learning teknik Learning Starts with A Question padaPembelajaran Akuntansi kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran2011/2012.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas XI Ilmu Sosial (IS) 1 SMA Negeri 7Yogyakarta sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi partisipatif untuk mengetahui peningkatan Keaktifan PesertaDidik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatanharian sebagai hasil dari observasi, dan dokumentasi. Catatan harian ini untuk mencatatsemua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukan penilaian KeaktifanPeserta Didik setiap siklusnya. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, danmenyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II.Berdasarkan Hasil penelitian diketahui bahwa Model Active Learning dengan TeknikLearning Starts with A Question dapat meningkatkan Keaktifan Peserta Didik kelas XI IS 1SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan ini terlihat dari kenaikanpersentase Keaktifan Peserta Didik dalam pembelajaran Akuntansi di kelas. PeningkatanKeaktifan Peserta Didik tersebut dapat dilihat dari rata-rata aspek Keaktifan Visual pesertadidik pada siklus I 76,54% dan siklus II naik menjadi 86,42%. Rata-rata aspek KeaktifanLisan peserta didik pada siklus I 69,14 dan siklus II naik menjadi 92,59%. Rata-rata aspekKeaktifan Menulis peserta didik siklus I 87,65% dan siklus II naik menjadi 97,53%. Rata-rataKeaktifan Peserta Didik ketiga aspek tersebut pada siklus I menunjukkan 77,78% pesertadidik telah aktif dan pada siklus II naik menjadi 92,18% dengan memperoleh peningkatansebesar 14,4%. Jadi indikator keberhasilan pada Keaktifan Peserta Didik kelas XI IS 1 telahtercapai.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.