IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA JURUSAN PDU FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Isroah Isroah,
Ani Widayati,

Abstract


IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPETENSI MATAKULIAH AKUNTANSI BIAYA PADA MAHASISWA JURUSAN PDU FIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Meningkatkan kualitas pembelajaran mata kuliah Akuntansi Biaya yang sedang berjalan maupun untuk masa yang akan dating 2) Mengembangkan model pembelajaran berbasis kompetensi yang mampu meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar mahasiswa alam mata kuliah Akuntansi Biaya agar dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dirancang dalam dua putaran. Masing-masing putaran meliputi kegiatan: (1) perencanaan tindakan (2) implementasi tindakan (3) observasi/monitoring dan (4) refleksi. Pada putaran pertama digunakan metode pembelajran tutorial dan penyelesaian soal dengan bimbingan dosen. Sedangkan  pada putaran kedua menggunakan metode pemberian tugas terstruktur (tugas lapangan) dengan sistem penilaian portofolio. Adapun siklus yang digunakan sesuai dengan mpsel Kemmis dan Mc. Taggart dengan teknis analisis deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tutorial, penyelesaian soal dan pemberian tugas dapat meningkatkan aktivitas dan kreativitas mahasiswa dalam pembelajaran  mata kuliah Akuntansi Biaya. Hal tersebut dapat diidentifikasi  hasil observasi dan angket yang menunjukkan bahwa sebanyak 45 (98%0 mahasiswa menyatakan perkuliahan menyenangkan, perkuliahan tidak tegang, dosen memperhatikan mahasiswa, penjelasan dosen dapat difahami dan bahan ajar dapat membantu mahasiswa dalam belajar serta kreatifitas mahasiswa dapat diidentifikasi dari kemandirian dalam menyelesaikan kasus akuntansi biaya pada perusahaan hipotetis yang mencakup satu siklus sebagai pengganti tugas lapangan. Pembelajaran ini mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa dengan nilai rata-rata pada putaran pertama adalah 54 menjadi 60.34  berikutnya menjadi 71. Pada putaran kedua dengan materi yang lebih komplek dan lebih sulit, prestasi belajar rata-rata 56.14, latihan kedua rata-rata 57.60 dan pemberian tuga dangan nilai rat-rata 71.24

 

Kata kunci : metode pembelajaran, aktivitas dan kreativitas, prestasi belajar

 


Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v5i1.869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.