UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ANALISIS RASIO MELALUI LATIHAN TERARAH PADA MATA KULIAH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

ISMANI ISMANI,
SISWANTO SISWANTO,

Abstract


UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN ANALISIS RASIO MELALUI LATIHAN TERARAH PADA MATA KULIAH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Latihan Terarah dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam melakukan 1) analisis Rasio yang terdiri dari rasio  Likuiditas,manajemem Asset, Manajemen Utang, Profitabilitas serta Nilai Pasar.2) analisis Trend dan Perbandingan dalam setiap Rasio.3) kemampuan mahasiswa untuk menangkap informasi yang ada dalam setiap perhitungan rasio yang dilakukan.4)Kemampuan Mahasiswa dalam menghasilkan informasi dengan membandingkan rasio  yang satu dengan yang lain dalam salah satu aspek apalagi menafsirkan silang antar aspek.

Desain Penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (Action Reseach)yang dirancang dengan dua silkus.Penelitian ini akan dilakukan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi pada l Mata Kuliah Analisis Laporan Keuangan. Pada siklus pertama terdapat dua kegiatan yaitu kegiatan Perencanaan dan tindakan . Pada siklus pertama kegiatan pertama mahasiswa akan diberikan materi dan peraga tentang konsep analisis rasio. Setelah mahasiswa mendapatkan pemahaman materi maka akan diberikan latihan soal yang harus dikerjakan oleh Mahasiswa, kemudian peneliti akan mengadakan evaluasi terhadap hasil pekerjaan mahasiswa untuk mendapatkan permasalahan yang sebenarnya dihadapi oleh mahasiswa dalam melakukan analisis Rasio. Pada siklus kedua terdiri dari dua kegiatan juga yaitu pengamatan dan refleksi. Pada kegiatan pertama peneliti mengamati kegiatan mahasiswa dalam kegiatan menganalisis laporan keuangan serta memnerikan penilaian hasil serta mengadakan pengamatan pada hasil yang telah dicapai oleh mahasiswa apakah telah mengalami perubahan sesuai target penelitia atau belum. Pada kegiatan kedua peneliti mengadakan refleksi untuk mengetahun kelemahan dan kekuranga siklus yang tetah dilakukan untuk dapat digunakan untuk penentuan tindakan yang harus diambil selanjutnya.

Hasil Penelitian Menunjukkan: 1) Pemahaman mahasiswa terhadap pengukuran Likuiditas, Manajemen Asset, Manajemen Utang, Profitabilitas serta nilai pasar dapat  ditingkatkan dengan menggunakan latihan terarah, dari 80% perhitungan yang benar hingga menjadi 100% benar. 2)Mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam penerapan analisis trend dan pembandingan dalam penafsiran analisis kinerja perusahaan setelah perhitungan yang dilakukan mendapat  Latihan terarah.3).Mahasiswa tidak mengalami kesalahan dalam menafsirkan informasi yang terkandung pada masing-masing rasio setelah adanya Latihan terarah  oleh peneliti dalam perhitungan rasio. 4)Dengan latihan terarah Mahasiswa belum mampu menghasilkan informasi dengan membandingkan rasio  yang satu dengan yang lain dalam salah satu aspek apalagi menafsirkan silang antar aspek.




Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v4i2.856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Index sitasi:

                         


Creative Commons License
JPAI by JPAI is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.
Permissions beyond the scope of this license may be available at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun.